PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SDN BALONGGEMEK 1 JOMBANG

Yoggy Febriawan, Subanji Subanji, Syamsul Hadi

Abstract


This research was conducted with the aim to describe how the guided inquiry learning in mathematics for elementary school students in Class V. The descriptive qualitative research is used as the design of this study. The data collection procedures such as observasion, interviews and documentation is used. Analysis of the data used in this study is an interactive analysis. In the learning  activities, there are using three components of the data analysis: data reduction, data presentation and verification. Based on the data analysis, it was concluded that the fifth grade teacher at SDN Balonggemek 1 Jombang has been applied the guided inquiry learning in Mathematics, even though the application of guided inquiry learning is not fulfill a proximately.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran matematika untuk siswa Sekolah Dasar Kelas V. Rancangan penelitian pada penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan prosedur pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis interaktif. Pembelajaran ini terdapat tiga komponen analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil bahwa guru kelas V di SDN Balonggemek 1 Jombang sudah menerapkan pembelajaran inkuiri terbimbing pada mata pelajaran matematika dengan cukup baik, walaupun dalam penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing belum berjalan secara maksimal.


Keywords


guided inquiry; mathematics; inkuiri terbimbing; matematika

Full Text:

PDF

References


Budiada, I. W. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Asesmen Portofolio terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X Ditinjau dari Adversity Quotient. (Online), (http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ep/article/view/36), diakses 24 Desember 2014.

Mbulu, J. 2001. Pengajaran Individual. Malang: Elang Mas.

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mosik, P. I., Wijayanti., & Hindarto, N. 2010. Explorasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, diakses 23 Agustus 2013.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Penerbit Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License