PENGEMBANGAN MODUL BIOTEKNOLOGI LINGKUNGAN BERBASIS PENELITIAN MATAKULIAH BIOTEKNOLOGI UNTUK MAHASISWA S1 UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Wasiatus Sa’diyah, Endang Suarsini, Ibrohim Ibrohim

Abstract


Research and development aims to produce module based research on material environmental biotechnology. The method used in the research and development followed development model Borg and Gall (1983), which consists of seven stages. The research object using freshgraduatedstudents who are taking biotechnology lesson. Measurement of the effectiveness of the module used gain score, The results of the validation of media expert is 79.17%, while the results of the validation of module contains experts is 96%. The test results readability is 90.84%. The test results showed the effectiveness of module is 0.68, it means included medium criteria.

Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis penelitian pada materi bioteknologi lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan menggikutimodel pengembangan Borg dan Gall (1983), yang terdiri atas 7 tahapan. Objek penelitian menggunakan mahasiswa S1 yang sedang menempuh matakuliah bioteknologi. Pengukuran keefektifan modul menggunakan rumus gain score yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Hasil validasi dari ahli media adalah 79,17%, sedangkan hasil validasi dari ahli materi adalah 96%. Adapun hasil uji keterbacaan adalah 90,84%. Hasil uji keefektifan menunjukkan angka 0,68 artinya termasuk ke dalam kriteria sedang, modul yang digunakan mahasiswa efektif digunakan oleh mahasiswa.


Keywords


module; research; environmental biotechnology; modul; berbasis penelitian; bioteknologi lingkungan

Full Text:

PDF

References


Akbar, S & Sriwijaya, H. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Borg, W.R & Meredith, D.G. 1983. Educational Research:third edition. New York: Longman Inc.

Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change (Gain Scores). (Online) http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf), diakses 4 Juni 2016.

Nugraha, D.A., Achmad B., & Supartono. 2013. Media Reaksi Redoks Bervisi SETS Berorientasi Konstruktivistik. Journal of Innobative Science Education. Vol 2 (1).

Ramdani & Iwan D. 2011. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Mindjet Manager sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Kimia Organik. Journal Chemical. Vol 12 Nomor (1): 44—53.

Prabowo, S & Aisyah E. P. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran CNC II Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Program Studi D3 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. JPTM. Vol 01 Nomor 03.77—85.

Putri, N.W.S., Sariyasa & I Made Ardana. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tandur Berbantuan Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Geometri Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika. Vol 3.

Sholihah, W., Susanto & Titik S. 2015. Pengembangan Bahan Ajar (Buku Siswa) Matematika untuk Siswa Tunarungu Berdasarkan Standar Isi dan Karakteristik Siswa Tunarungu pada Sub Pokok Bahasan Menentukan Hubungan Dua Garis, Besar Sudut, dan Jenis Sudut Kelas VII SMPLB/B Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Pancaran. Vol 4. No. 1.219—228.

Sesya, P.R.A & Lisdiana. 2014. Pengembangan Modul Fenotif (Fun Edukatif dan Inovatif) Materi Sistem Pertahanan Tubuh Manusia. Unnes Journal of Biology Education. Vol 3 (3):313—318.

Suryani, D.I., Tatang S & A. Rachman I. 2014. Pengembangan Modul Kimia Reaksi Reduksi Oksidasi Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. Volume 1(1):18—28.

Napitupulu E & Julaga S. 2014. The Instructional Model Development Based on Interactive Muledia on Technical Mechanics Competence of Vocational High School Students of North Sumatera Province. International Journal of Education and Research. Vol. 2 No. 8. 1—10.

Usmeldi. 2014. Development of Blended Learning Model For Improving StudentsCompetence in the Engineering Physics Learning. Proceeding of International Conference on Research, Implementation And Education of Mathematics and Science. 18 April—2 May 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License