PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 MUARA BADAK

Nursyamsi SY, Aloysius Duran Corebima, Herawati Susilo

Abstract


This research aims at investigating the effect of NHT learning strategy on students’ learning outcomes. This is quasi experimental research. The design of this research was Pretest-Posttest Non-equivalent Control Design. The population of this research was all the students of class XI of public senior high school students in Muara Badak in the first semester of 2015/2016 academic year. The samples of this research were the students of class XI natural science 1 and XI natural science 2. There were 30 students in each of the class. The data were obtained from essay tests. The data were analyzed using Ancova. The results of the analysis showed that the learning strategy had an effect on the learning outcomes. It was observed from the comparison of the mean corrected score that the NHT learning strategy had a more significant effect as much as 21,56%, compared to the effect from the conventional learning.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Postest Non-equivalent Control Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMAN 1 di Muara Badak pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Dua kelas yang digunakan masing-masing berjumlah 30 siswa. Data diperoleh dari hasil belajar kognitif. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Anakova. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pembelajaran memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dilihat dari perbandingan rerata terkoreksi diketahui bahwa strategi pembelajaran NHT memberikan pengaruh lebih besar, yaitu sebesar 21,56%, dibandingkan pengaruh yang disebabkan oleh pembelajaran konvensional.


Keywords


learning strategies; NHT; learning outcomes strategi; pembelajaran; NHT; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Cohen, L., Manion, L. & Morrison, K. 2011. Research Methods in Education. London: Routledge.

Fidiastuti, H.R. 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Metode Numbered Heads Together (NHT) untuk

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-5 di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari. Skripsi tidak

diterbitkan. Malang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Khomariyah, B. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan

Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-2 SMA Negeri 2 Batu. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Matematika

dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.

Lie, A. 2002. Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: PT Gramedia

Widiasarana.

Marpaung, Y. 2001. Pendekatan Realistik dan Sani dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Masittah, B. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi

dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-1 SMA Shalahuddin Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahayu, A.M. 2011. Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan

Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak Manusia Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Sejahtera Prigen Pasuruan.

Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.

Rahayu, P. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi

dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI-A1 SMA Negeri 6 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grasindo Persada.

Setyaningsih, A. 2008. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 12 Malang Kelas XI IA2

melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dalam Pokok Bahasan Sistem

Indera pada Manusia. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas

Negeri Malang.

Sholikah, N.W.M. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Minat dan

Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-1 SMAN 1 Kademangan Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang.

Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning Theory, Research and Practice. Second Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zuhdi, A. 2010. Guru Idola. Yogyakarta: Gen-K Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License