EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

Maria Yashinta Afoan, Florentina Sepe, Aloysius Djalo

Abstract


Purpose of this study was to determine the effectiveness of the implementation of cooperative learning Think Pair Share through approach to the learning outcomes and student activity. Data were collected through interviews and an essay test learning outcomes. Interview data were analyzed by qualitative descriptive essay test while learning outcomes quantitatively analyzed descriptively. The results showed that the application of the learning model Think Pair Share (TPS) can effectively improve student learning outcomes, it is seen from an average of 34,06% pretest on posttest increased by 83,13% with an average increase in pretest to posttest amounting to 49,06%, and the classical completeness amounted to 87.50% of learning outcomes as well as the implementation of learning model Think Pair Share (TPS) activity can be enhanced student learning.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Think Pair Share terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara dan tes esai hasil belajar. Data hasil wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan tes esai hasil belajar dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari rata-rata pretest sebesar 34,06% mengalami peningkatan pada posttest sebesar 83,13 % dengan rata-rata peningkatann pretest ke posttest sebesar 49,06 %, dan ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 87,50% begitu juga dengan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan.


Keywords


Think Pair Share; results learning; learning activities; hasil belajar; aktivitas belajar

Full Text:

PDF

References


Chikmiyah, C., & Bambang S. 2012. Relationship Between Metacognitive Knowledge and Student Learning Outcomes Through Cooperative Learning Model Type Think Pair Share on Buffer Solution Matter. Unesa Journal of Chemical Education, (Online), 1 (1):55—61, (http://ejournal. unesa.ac.id/article/202/36/article.pdf, diakses 12 Maret 2012).

Desminta. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran TPS dengan Media CD Interaktif dan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Prisma dan Limas pada Siswa Kelas VIII Semester II SMP N 11 Semarang Tahun Ajaran 2012/2013Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: IKIP PGRI Semarang.

Imkari, S. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share dan Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, dan Retensi Mahasiswa Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Mardliyah, N., Suryani, N. & Haryati, S. 2014. Perbedaan Pengaruh Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) dan Metode Konvensional terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mts Negeri di Kabupaten Kudus. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/download/3660/2561, diakses 29 November 2016).

Ni’mah, A & Dwijananti, P. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas VIII Mts Nahdlatul Muslimin Kudus. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/download/3593/3205/, diakses 30 November 2016).

Nugroho, A.S. 2007. Penerapan Model Coopeative Learning Teknik TPS (Think Pair Share) dengan Metode Eksperimen untuk Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Biologi (Siswa SMP Negeri 3 Ambulu). Tidak dipublikasikan. Jember: Universitas Jember.

Puspitasari, E. Setyosari, P & Amirudin, A. 2016. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Think Pair Share (TPS) di Sekolah Dasar,(Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/6589/2814, diakses 29 November 2016).

Sabil, H. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share pada Materi Penampang dan Jaring-Jaring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi.

Edumatica, 4(1):23—29.

Sari, dkk. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) dengan Media Berbasis Website untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-C di SMAN 2 Tanggul – Jember. Universitas Jember

Slavin. 2005. Cooperative Learning. PT. Nusa Media: Bandung.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT. Kencana Predana Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License