PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA SMA

Mar’atus Sholihah, Sugeng Utaya, Singgih Susilo

Abstract


The purpose of this study was to determine the effect of Experiential Learning models developed by Kolb's theory of the critical thinking skills of high school students. This study uses a quasi experiment conducted in SMA Assa'adah Gresik. The population of students of class X IS second semester of academic year 2015/2016. Samples are 2 classes that are homogeneous. Methods of data collection using test questions and the ability to think critically using observation sheet. Data were analyzed by comparing the average acquisition value of critical thinking skills with experimental class control class. Average value of the critical thinking skills using model Experiential Learning higher at 80.9 while the control class is 71.2. Based on the average it can be concluded that the learning model of Experiential Learning can improve students' critical thinking skills. This study is expected to provide information on the application and benefits of the model Experiential Learning in teaching geography and make it more meaningful for students.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model Experiential Learning yang dikembangkan oleh teori Kolb terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimen yang dilakukan di SMA Assa’adah Gresik. Populasi siswa kelas X IS semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang bersifat homogen. Metode pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan berpikir kritis serta menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan membandingkan rata-rata perolehan nilai kemampuan berpikir kritis kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata rata kemampuan berpikir kritis yang menggunakan model pembelajaran Experiential Learning lebih tinggi, yaitu sebesar 80,9, sedangkan kelas kontrol sebesar 71,2. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Experiential Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini diharapkan memberikan informasi tentang penerapan dan manfaat model Experiential Learning dalam pembelajaran Geografi dan supaya lebih bermakna bagi siswa.


Keywords


Learning Exeperiential models; the ability to think critically; model Exeperiential Learning; kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Cahyani, I. 2014. Peran Experiential Learning dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajar BIPA. Artikel Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kolb, D.A. 1984. Experiential Learning Experience as a Sources Learning and Development. New Jersey: Prentice Hall.

Kolb, A.Y. & Kolb, David, A. 2005. Learning Style and Learning Space Enhancing Experimental Learning in Higher Education. (Online), (http//www.learningfromexperiences.com/research-library, diakses 11 November 2015).

Lestari, P.R. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Konsep Transpor Membran. Tesis Online. Universitas Pendidikan Indonesia.

Mariyam, S. 2013. Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis antara Penerapan Model Pembelajaran Experiential Learning dengan Studi Kasus dan Model Pembelajaran Konvensional pada Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Tesis Online. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Mustika, F. 2015. Pengaruh Model Experiential Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Nursiti, N. 2013. Critical Thingking Skill dalam Pembelajaran IPS. Widyaiswara LPMP Jawa Barat. Artikel (Online), (www.academia.edu/4895334/keterampilan_berpikir_kritis_critical_thingking_skil_dalam_pembelajaran _IPS, diakses 17 Agustus 2016).

Raga, G, dkk. 2014. Model Experiential Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Kelas V Kecamatan Sukasada. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol. 2, No. 1 Tahun 2014.

Sadia, dkk. 2014. Pengaruh model Experiential Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, dan Motivasi Berprestasi Siswa. (Online), (pascaundiksa.ac.id/e-journal/index.php/jurnalIPA/article/view/1302, diakses 10 Desember 2015).

Sari, Y.P. 2013. Penerapan Model Experiential Learning pada Materi Keanekaragaman Biota Laut untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kemampuan Berpikir kritis. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Silberman, M. 2015. Handbook Experiential Learning Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata. Bandung: Nusa Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.7869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License