PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN KEMAMPUAN AKADEMIK SISWA MELALUI LESSON STUDY

Eka Andriani, Sumarmi Sumarmi, I Komang Astina

Abstract


This study aims to improve teachers' pedagogical competence and academic achievement of students through lesson study based learning. The design of this study is classroom action research method of observation and written tests. The data were analyzed by quantitative descriptive. The research was conducted on a geography teacher and students of class XI social science programe specialization courses in high school. The results showed an increase pedagogical competence of teachers of the first cycle to the second cycle. This can be seen from the ability of teachers prepare lesson plans and implementing learning. Based learning lesson study also impact on improving the academic skills of students in the form of activity and learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dan prestasi akademik siswa melalui pembelajaran berbasis lesson study. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan metode observasi dan tes tertulis. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada guru Geografi dan siswa kelas XI program peminatan ilmu sosial di SMA. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi pedagogik guru dari siklus I ke siklus II. Hal ini bisa dilihat dari kemampuan guru menyusun RPP dan melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran berbasis lesson study juga berdampak pada peningkatan kemampuan akademis siswa berupa aktivitas dan hasil belajar.


Keywords


pedagogical; academic ability; lesson study; kompetensi pedagogic; kemampuan akademis; lesson study

Full Text:

PDF

References


Azizah, N. 2013. Implementasi Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan

Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan. Tesis tidak diterbitkan. Malang:

Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Dirjen PMPTK. 2008. Pedoman Pelaksanaan MGMP Berpola Lesson Study. Jakarta: JICA.

Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Lewis, C.C. 2002. Lesson Study: A Handbook of Teacher-LedInstructional Change. Philadelphia, PA: Research

for Better Schools, Inc.(Online), (www.lessonresearch.net, diakses tanggal 20 Juni 2015).

Marhamah. 2015. Pengenmbangan Pembelajaran Lingkungan Hidup Model Problem Based Learning dipadu Group

Investigation Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, dan

Sikap terhadap Lingkungan pada Mahasiswa STKIP Hamzanwadi Selong. Disertasi tidak diterbitkan. Malang:

Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Santoso, D & Sri Waluyanti. 2010. Upaya Peningkatan Penguasan Konsep dan Psikomotorik Matakuliah Alat

Ukur dan Pengukuran Berbasis Lesson Study Mahasiswa Jurdik Teknik Elektronika FT UNY. Jurnal Pendidikan

Universitas Negeri Yogyakarta.

Sato, M. 2012. Mereformasi Sekolah, Konsep, dan Praktik Komunitas Belajar. Jakarta: Pelita.

Sulistiani, H. 2014. Penerapan Lesson Study Berbasis Madrasah untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Motivasi

Serta Hasil Belajar IPA Siswa MTsN Rejoso Kabupaten Pasuruan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana

Universitas Negeri Malang.

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Suprapti. 2014. Pengalaman Berharga dari Lesson Study bagi Guru-guru IPA di Kabupaten Subang. Proceding

Become Reflective Educators and Professionals of Learning. Bandung: WALS International Conference.

Vitoria, L. 2014. Improving Student’s Interaction in Learning Mathematics Trough Lesson Study. Poceding Become

Reflective Educators and Professionals of Learning. Bandung: WALS International Conference.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.7886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License