PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI PLANTAE BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI NILAI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA

Hanif Hanif, Ibrohim Ibrohim, Fatchur Rohman

Abstract


The development research aims to produce learning materials Plantae such as devices based Guided Inquiry integrated Islamic values to improved understanding of the concept of high school students. Adapted development the procedure development according the Borg and Gall model. The results of the analysis of the learning device shows the value of the average percentage of expert learning device by 98.1%, 86.1% materials experts and teachers of 95.4%. Small groups of test results by 89.8%. The main test was conducted on the experimental class and the control class in high school Annur Bululawang. The results of data analysis using Anacova showed that the understanding of the concept of students in the experimental class is significantly different from the students in the control class. Scores understanding of the concept of students in the experimental class is higher (80.9) than the control group (67.5). The results of this study indicate that the application of Guided Inquiry-based learning device can significantly increase students' understanding of the concept.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran materi Plantae berbasis Inkuiri Terbimbing terintegrasi nilai Islami dalam peningkatan pemahaman konsep siswa SMA. Prosedur pengembangan mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall. Hasil analisis perangkat pembelajaran menunjukkan nilai persentase rata-rata dari ahli perangkat pembelajaran sebesar 98,1%, ahli materi 86,1%, dan guru sebesar 95,4%. Hasil uji kelompok kecil sebesar 89,8%. Uji coba utama dilakukan pada satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol di SMA Annur Bululawang. Hasil analisis data menggunakan anakova menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan siswa di kelas kontrol. Skor pemahaman konsep siswa pada kelas ekperimen lebih tinggi (80,9) daripada kelas kontrol (67,5). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan perangkat pembelajaran berbasis Inkuiri Terbimbing secara signifikan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa.


Keywords


Biology learning device; guided inquiry; understanding of the concept; perangkat pembelajaran Biologi; inkuiri terbimbing; pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Agustian, A.G. 2004. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual: The ESQ Way. Jakarta: ARGA.

Aqib dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Arends, R.I. 2007. Learning to Teach, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1992. Educational Research. London: Longman.

Chiappetta, E.L. & Adams, A.D. 2004. Inquiry-Based Instruction: Understanding How Content and Process Go Hand-In-Hand with School Science. (Online), (https://noviscience.wikispaces.com/file/view/journal_article.pdf, diakses 11 November 2015).

Ertiningsih. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas X MIA di SMAN 2

Pare Materi Archaeabacteria dan Eubacteria. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Jufri, A.W. 2007. Pengaruh Implementasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri (PPBI) dengan Strategi Kooperatif

terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMAN di Kota Mataram. Disertasi tidak

diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kuhlthau, C.C., Maniotes, K.L. & Caspari, K.A. 2012. Guided Inquiry, Learning in the 21st Century. London: Westport,

Connecticut.

Llewellyn, D. 2013. Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation-Second Edition. USA: Corwin a SAGE

Company.

Nata, A. 2009. Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Indonesia. Jakarta: Rajawali Press

Rahayu, W. 2009. Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Biologi Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kebumen Jawa Tengah Tahun Ajaran 2008/2009. (Online), (http://digilib.uin-suka.ac.id/3387/1/BAB%20I,V.pdf, diakses 16 November 2015).

Slavin, R.E. 2009. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik, Edisi 8. Jakarta: Indeks.

Tunarsih. 2013. Pengembangan Handout Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMA/MA Kelas X Berdasarkan Standar Isi. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Winarni, E.W. 2006. Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA-Biologi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Sikap ilmiah Siswa Kelas V SD dengan Tingkat Kemampuan Akademik Berbeda di Kota Bengkulu. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License