PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN MUTU KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR

Yandris Mena, Achmad Supriyanto, Burhhanudin Burhhanudin

Abstract


This study to help teachers to be able to carry out their duties and responsibilities to the maximum. The method used is a qualitative approach with case study design using an instrument of supervision. This study uses data analysis interactive model, including: data reduction, the data display and conclusion drawing/verification. The results of this study indicate that the implementation of clinical supervision in improving the quality of teacher performance-should be reviewed again, so as to realize a qualified and competent teacher.

 Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan maksimal. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus dengan menggunakan instrumen supervisi. Penelitian ini menggunakan analisis data model interaktif, yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi klinis dalam meningkatkan mutu kinerja guru harus benar-benar direview kembali, sehingga dapat mewujudkan guru yang berkualitas dan berkompeten.


Keywords


clinical supervision; teacher performance; supervisi klinis; kinerja guru

Full Text:

PDF

References


Amani, L., Dantes, N. & Lasmawan, W. 2013. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Guru Mengelola Proses Pembelajaran Pada Guru SD se-Gugus VII Kecamatan Sawan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, (Online), Volume 3, (http://pasca.undiksha.ac.id), diakses 02 Desember 2016.

Ace. S & Tilaar, H.A.R. 1994. Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, S. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka.

Imron, A. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jerry, M. 2013. Supervisi Klinis Teori & Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Miles, M.B.A, Huberman, M. & Saldana. 2014. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Moleong, L.J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada (GP Press).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah.

Sudjana, N. 1998. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Tilaar, H.A.R. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License