KESULITAN-KESULITAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MATA PELAJARAN IPS SMP

Eni Cahya Wijayati, I Nyoman Sudana Degeng, Sumarmi Sumarmi

Abstract


The implementation of curriculum is an effort to implement a curriculum that has been designed. The main purpose of this article is to reveal the factors of the difficulties in implementation of curriculum of social studies in junior high school. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The data collection used interviews, observation and documentation. The data were analyzed through data reduction, presentation, and conclusion. The subject in this study is teachers of social studies at junior high school. Based on the analysis was found that the assessment is complicated, amount of material makes time become insufficient, the implementation scientific approach is mainly on reasoning and analyzing that is not done, the difficult to combine the material into integrated social subject, and the lack of infrastructure is also the cause of the difficulties of social subject teachers in the implementation of curriculum.

Implementasi Kurikulum adalah upaya penerapan kurikulum yang telah dirancang. Tujuan utama penulisan artikel ini mengungkap faktor-faktor kesulitan dalam implementasi Kurikulum mata pelajaran IPS SMP. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS di SMP. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa penilaian yang rumit, banyaknya materi sehingga waktu menjadi tidak cukup, penerapan pendekatan saintifik terutama pada menalar dan menganalisis tidak terlaksana, sulitnya memadukan materi menjadi IPS Terpadu, dan kurangnya sarana prasarana menjadi penyebab kesulitan yang dihadapi guru mata pelajaran IPS dalam implementasi kurikulum.


Keywords


difficult; curriculum; social studies; kesulitan; kurikulum; IPS

Full Text:

PDF

References


Budi, B.S. 2014. Strategi Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Surakarta. (Online) http://www.jurnal.fkip.ac.id?index.php/sosant/article/view/4030/2832. Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, diakses 5 Agustus 2016.

Brookhart, S. M. 2010. How to Assess Higher-Order Thinking Scills in Your Classroom. Alexandria, Virginia, USA. ASCD.

Degeng, I.N.S. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variable. Jakarta. Depdikbud-Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Degeng, I N.S. 1998. Mencari Paradigma Baru Pemecahan Masalah Belajar. Dari Keteraturan Menuju Kesemrawutan. Pidato Pengukuhan Guru Besar IKIP Malang.

Degeng, I.N.S. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan FIP UM.

Glickman, C. D. Gordon, S. P & Ross-Gordon, J. M. 2007. Supervision and Instructional Leadership A Development Approach. Seventh Edition. Boston: Pearson.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Bahan Sosialisasi Implementasi Kurikulum 2013.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 81 Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013.

Kurniasih, I. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Kata Pena.

Madi, M. 2015. Faktor Kesulitan Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 (Suatu Penelitian di SMAN 1 Gorontalo), (Online), (http://eprints.ung.ac.id/13032/.../2014-2-1-87201-231410058-abstraksi-2001201510583), diakses 10 Oktober 2016.

Mulyasa, H.E. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pusat Kurikulum. 2006. Model Pembelajaran Terpadu IPS. Jakarta.

Pujatama, P. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Menengah Pertama (Studi pada Sekolah-Sekolah di Kota Semarang). Journal of Educational Social Studies. 3(2): 38—43.

Purwandari, M.G. 2015. Identifikasi Faktor Penghambat Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Negeri Jlaban Sentolo Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1—12.

Qomariyah. 2014. Kesiapan Guru dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang. 2(1), November 2014.

Sadiman, A.S. 2001. Paradigma Baru Pengemasan Pendidikan yang Demokratis Ditinjau dari Segi Aspek Kebijakan. Makalah Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran di Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License