IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DI SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Asri Ulfah Wulan Sari, Achmad Supriyanto, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


This research purposed to describes the implementation of clinically supervision in teacher is profesional competence improvement. It is using qualitative aproach method with case study program. Collecting data using observation technique, interview, documentation by single data analysis. The result of research showing that the implementation of clinically supervision by three stages:  pre conference, observation, and post conference doing well and increasing teacher’s professional competence in managing learning process.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dengan analisis data tunggal. Hasil penelitian menunjukkan implementasi supervisi klinis melalui tiga tahapan, yaitu pre conference, observation, dan post conference berjalan dengan baik dan meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengelola proses pembelajaran.


Keywords


clinically supervision; teacher’s professional competence; elementary school; supervisi klinis; kompetensi profesional guru; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Acheson, K. A. & Gall, D. M. 1987. Techniques In The Clinical Supervision Of Teachers: Presevice and Inservice Application. New York: Pittman Publishing and Longman.

Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi III. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: Rosindo.

Imron. A. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Maryono. 2011. Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Masaong, K. A. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurtain. H. 1989. Supervisi Pengajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Depdikbud Dirjendikti.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Citra

Umbara.

Pidarta, M. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.

Richey, R. 1978. Planning for Teaching. New York: McGraw Hill, Company.

Sagala, S. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Kependidikan. Bandung. Alfabeta.

Supriadi. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Tilaar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License