IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DI SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
Abstract
This research purposed to describes the implementation of clinically supervision in teacher is profesional competence improvement. It is using qualitative aproach method with case study program. Collecting data using observation technique, interview, documentation by single data analysis. The result of research showing that the implementation of clinically supervision by three stages: pre conference, observation, and post conference doing well and increasing teacher’s professional competence in managing learning process.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dengan analisis data tunggal. Hasil penelitian menunjukkan implementasi supervisi klinis melalui tiga tahapan, yaitu pre conference, observation, dan post conference berjalan dengan baik dan meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengelola proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Acheson, K. A. & Gall, D. M. 1987. Techniques In The Clinical Supervision Of Teachers: Presevice and Inservice Application. New York: Pittman Publishing and Longman.
Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi III. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Burhanuddin, dkk. 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: Rosindo.
Imron. A. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Maryono. 2011. Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi Supervisor Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Masaong, K. A. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurtain. H. 1989. Supervisi Pengajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: Depdikbud Dirjendikti.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Citra
Umbara.
Pidarta, M. 2009. Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: Rineka Cipta.
Richey, R. 1978. Planning for Teaching. New York: McGraw Hill, Company.
Sagala, S. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Kependidikan. Bandung. Alfabeta.
Supriadi. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Tilaar, H.A.R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan Journal of Education: Theory, Research, and Development Graduate School Of Universitas Negeri Malang JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |