PENERAPAN SUPERVISI KLINIS PADA GURU PENJASKES

Erfan Erfan, Achmad Supriyanto, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


The purpose of this study was to describe the implementation of the clinical supervision for Physical and Health Education teachers. The method used in this study is qualitative descriptive. The subjects of this study were the headmaster and Physical and Health Education teachers. The data collection methods used were participants observation, detailed interviews, and documentation study. Data analysis methods used in this study were data reduction, data persentation, and conclusion/verification. The result of the study showed that the implementation of the clinical supervisison gave some solutions to the problems that were faced by Physical and Health Education teachers in managing the classroom and the lecture method. The solutions were (1) the seating arrangements group should be more attention, (2) asking a lot of questions more so that the students are motivated to focus on listening, (3) do not be too quick in conveying the concept of learning and explaining that concept need repetition, and (4) provide the opportunity for students to ask and motivate them in doing their assigments.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan supervisi klinis pada guru penjaskes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru penjaskes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis memberikan solusi terhadap permasalahan pembelajaran yang dilakukan guru penjaskes dalam pengelolaan kelas dan metode ceramah, solusinya yaitu (1) pengaturan tempat duduk kelompok harus lebih diperhatikan, (2) lebih banyak bertanya sehingga siswa termotivasi untuk fokus mendengarkan, (3) jangan terlalu cepat dalam menyampaikan konsep pembelajaran dan dalam menanamkan konsep tersebut perlu melakukan pengulangan, dan (4) memberikan kesempatan kepada siswa bertanya, serta memotivasi mereka dalam mengerjakan tugas.

 


Keywords


clinical supervision; physical and health education; supervisi klinis; pendidikan jasmani dan kesehatan

Full Text:

PDF

References


Acheson, K. A. & Gall, M. D. 1987 Techniques in the Clinical Supervision of Teachers. New York : Longman.

Arif, S. 2008. Implementasi Supervisi Klinis Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tadrîs. 3 (2):166—182.

Bolla, J. J. 1985. Supervisi Klinis. Jakarta: P2LPTK Ditjendikti Depdikbud.

Cogan, M. L. 1973. Clinical Supervision. Boston: Honghton Miffin.

Imawati, E. 2013. Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Mengelolah Administrasi Kelas Melalui Supervisi Klinis pada Guru SDN Tanjungsari I Taman Sidoarjo. Jurnal Widyaloka IKIP Widyadarma Surabaya. 2 (27):72—90.

Imron, Ali. 2011. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Iriyani, D. 2008. Pengembangan Supervisi Klinis Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar mengajar Guru. Jurnal Didaktika. 2 (2):278—285.

Moleong, L. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mosher, J. T & Purpel, D. E. 1972. Supervision; The Reluctant Profession. Boston: Honghton Mifflin.

Mukhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Gaung Persada Press. Jakarta.

Oliva, P. F. 1984. Supervision for Today’s School. New York: Longman.

Opat, A. & Son, A. L. 2008. Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Klinis pada Guru-Guru Sekolah Dasar Negeri Neonbali Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal ISSN 1693-7945. VII (3):171—178.

Patilima, H. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Pidarta, M. 1999. Pemikiran tentang Supervisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sahertian, P.A. 2008. Konsep-Konsep Dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sergiovanni, T. J. & Staarratt, R. J. 2010. Emerging Patterns of Supervision:Human Perspective. New York: Mc Graw Hill Book Company.

Swathi, S. N. 2012. Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kemampuan Guru-Guru IPA SMP Dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Binaan Kota Mataram. Jurnal GaneÇ Swara. 6 (2):103—113.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i12.8226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License