PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN KELAS XI BERBASIS ONLINE DENGAN PROGRAM EDMODO

Purwaningtyas Purwaningtyas, Wasis D. Dwiyogo, Imam Hariyadi

Abstract


Learning is a process that systematically designed to provide learning resources for learners in a learning environment. Learning PJOK not focus only on psychomotor aspect, but to achieve movement skills also involves cognitive and affective aspects. Innovation in developing learning that seeks to improve behavior and learning in the 21st century creativity required the design of the active one with the electronic module. Electronics module is a form of teaching materials appropriate to the characteristics of teaching materials that have been packaged into a coherent whole, arranged systematically studied independently and be active by learners in accordance with the speed or ability without the guidance of a teacher.

Pembelajaran merupakan proses yang dirancang secara sistematis untuk menyediakan sumber belajar bagi pebelajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran PJOK tidak hanya menitikberatkan aspek psikmotorik, namun untuk mencapai keterampian gerak juga melibatkan aspek kognitif dan aspek afektif. Inovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang berupaya meningkatkan perilaku dan kreativitas pembelajaran di abad 21 dibutuhkan perancangan pembelajaran yang aktif salah satunya dengan modul elektronik. Modul elektronik merupakan bentuk bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik materi ajar yang telah dikemas dalam satu kesatuan yang utuh, yang disusun secara sistematis dipelajari secara mandiri dan lebih aktif oleh pebelajar sesuai dengan kecepatan atau kemampuannya tanpa bimbingan dari guru.


Keywords


electronic module; physichal education; edmodo program; modul elektronik; PJOK; program edmodo

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ardana, W. 2002. Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri

Malang.

Arsyad, A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Depdiknas. 2008. Panduan Pegembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Dwiyogo, W.D. 2008. Aplikasi Teknologi Pembelajaran Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Dwiyogo, W.D. 2010. Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Dwiyogo, W.D. 2013. Media Pembelajaran. Malang: Wineka media.

Dwiyogo, W.D. 2014. Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. Malang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang. Paper presented at the ASEAN Comparative Education Research Conference (ACER-N), Institut KWSP Kajang: Universiti Kebangsaan Malaysia.

Gagne, R. M., Brings, L.J & Wager, W.W. 1992. Principle of Instructional Design (3th Ed.). New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.

Edmodo. 2008. http://www.edmodo.com, online (diakses 20 Maret 2016)

Juuti, K., Lavonen J., Aksela, M. & Meisalo, V. 2009. “Adoption of ICT in Science Education: A Case Study of Communi cation Channels in A Teachers’ Pro fessional Development Projects”. Eurasia Journal of Mathe matics, Science &Technology Education, 5 (2):103—118.

Mills, C.S. 2006. Using the Internet forActive Teaching and Learning. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.

Rahayu, E.T. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Alfabeta: Bandung.

Smaldino, E. S., Lowther, D.L. & Russel J.D. 2011. Intructional Technology & Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Predana Media Group.

Suyanto & Jihad, A. 2013. Menjadi Guru Yang Profesional. Jakarta: Essensi Erlangga Group.

Undang-Undang No.3. 2005. Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Winarno, M.E. 2011. Metode Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press.

Wuest, D.A. & Bucher, Chaerles A. 2009. Foundations of Physical Education, Exercise Sciene and Sport 16Ed. Nwe York: McGraw-Hill Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License