KONTRIBUSI BAKAT MEKANIK DAN KUALIFIKASI TEMPAT PRAKERIN TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK PAKET KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI KOTA MALANG

Bayu Satria Vinandita, Marji Marji, R.M. Sugandi

Abstract


Many vocational graduates are not absorbed in the world of work so that it will increase the number of unemployed. Mechanical aptitude tests should be held before students go to prakerin, in order to place students on a department that they like. Besides other factors that may affect job readiness is a prakerin. Prakerin with adequate facilities, is expected to vocational students would be able to develop science and technology. This study uses a quantitative approach to the type of cross-sectional research ex-post facto. The population in this study were students of SMK Lightweight Vehicle Engineering Expertise in Malang academic year 2015/2016 which has been carrying out prakerin is class XI. The number of population, namely (1) SMK Negeri 6 Malang; (2) SMK Negeri 10 Malang; (3) SMK Negeri 11 Malang; and (4) SMK Negeri 12 Malang as many as 406 students and 200 students obtained by calculation Slovin. The results of the simultaneous contribution is 10.9%. While the calculation of the partial between mechanical aptitude towards work readiness of 1.9% and a qualifying place prakerin against 8.3% job readiness.

Lulusan SMK banyak yang tidak terserap pada dunia kerja sehingga akan menambah jumlah pengangguran. Hendaknya dilakukan tes bakat mekanik sebelum siswa penempatan di dunia industri supaya siswa prakerin di bidang yang ia sukai. Selain itu faktor lain yang dapat memengaruhi kesiapan kerja yaitu tempat prakerin. Dengan fasilitas prakerin yang memadai, diharapkan siswa SMK akan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian cross sectional ex-post facto. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Malang tahun ajaran 2015/2016 yang telah melaksanakan prakerin yaitu kelas XI. Adapun jumlah populasi yaitu: (1) SMK Negeri 6 Malang; (2) SMK Negeri 10 Malang; (3) SMK Negeri 11 Malang; dan (4) SMK Negeri 12 Malang sebanyak 406 siswa dan diperoleh 200 siswa denganperhitungan Slovin. Hasil kontribusi simultan yaitu 10,9 %. Sedangkan dariperhitungan parsial antara bakat mekanik terhadap kesiapan kerja yaitu 1,9% dan kualifikasi tempat prakerin terhadap kesiapan kerja 8,3%.


Keywords


talent; qualifications prakerin; readiness; bakat; kualifikasi prakerin; kesiapan

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S.B. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Maryani, P. 2012. Kontribusi Bakat Mekanik dan Proses Belajar pada Mata Pelanajran Produktif Terhadap Kompetensi Serta Kesiapan untuk Bekerja di Industri. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol VIII:2. (Online). (http://jurnal.upi.edu/aset/view/1277/kontribusi-bakat-mekanik-dan-proses--belajar-pada-mata-pelajaran-produktif-terhadap-kompetensi-serta-kesiapan--untuk-bekerja-di-industri.html), diakses 3 September 2016.

Mulyadi, A. 2015. Efektivitas Praktik Kerja Industri Sesuai Dengan Tuntutan Dunia Kerja. (Online). http://eprints.uny.ac.id/22069/), diakses 7 September 2016.

Pradana, A.W. 2014. Kesiapan Kerja Siswa Permesinan Ditinjau dari Bakat Mekanik dan Prestasi Belajar. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/19005/1/Aditya%20Wahyu%20Pradana%2010503241003.pdf), diakses 7 September 2016

Sukardi, D.K. 2005. Analisis Tes Bakat. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sunarto. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License