PENGEMBANGAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DIPADU PROBLEM BASED LEARNING

Lidya Yanuarta, Abdul Gofur, Sri Endah Indriwati

Abstract


The purpose of this research was to determined the effect of Think Talk Write combined Problem Based Learning model to students character and cognitive learning outcomes. The research is a quasi-experimental research with Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. The research sample is XI MIPA 2 class and XI MIPA 3 of SMAN 6 Malang. Data from character obtained from questionnaire student character. Data cognitive learning outcomes obtained from essay tests. This data analyzed using Anacova. The results showed that Think Talk Write combined Problem Based Learning model affect the students character and cognitive learning outcomes.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dipadu Problem Based Learning (PBL) terhadap karakter dan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 di SMAN 6 Malang. Data karakter diperoleh dari angket karakter siswa, sedangkan data hasil belajar kognitif siswa diperoleh dari tes essay. Data tersebut dianalisis mengunakan uji Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TTW dipadu PBL berpengaruh terhadap karakter dan hasil belajar kognitif siswa.


Keywords


think talk write; problem based learning; character; cognitive learningn outcomes; think talk write; problem based learning; karakter; hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gimin, M.Z. 2011. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Konsep Pesawat Sederhana di Kelas VIII 6 SMPN 08 Pekanbaru, (Online), (http://repository.unri.ac.id/bitstream/123456789/1769/1/ARTIKEL%20SKRIPSI%20BARU. pdf), diakses 7 Juli 2016.

Hadi, A. M. 2013. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA Negeri di Kota Malang, (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/ artikel43D60967E8C4A9D6B2E4CDE13CD5934A.doc), diakses 14 Oktober 2015.

Herliani. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 8 Samarinda. Makalah disajikan pada Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS, (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ prosbio/article/view/3093/2129), diakses 9 Maret 2015.

Hidayatullah, F. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta. Balitbang Kemendiknas.

Kertajaya, H. 2010. Grow With Character: Model Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Khan, Y. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Lickona, T. 2015. Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lord, T.R. 2001.101 Reasons for Using Cooperative Learning in Biology Teaching in Biology Teaching. The American Teacher, 63 (1):30—36.

Lubliner, S. 2014. Help for Struggling Upper-grade Elementary Readers. The Reading Teacher. 57 (5):430—438.

Manzano, J.M. 1989. Reading and Writing Conection. Boston: Allyn and Bacon.

Miharja, F.J. 2015. Penerapan Problem Based Learning berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Symposium on Biology Education (Symbion) di Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta.

Putri, N. A. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran (PBL dan RT) terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi Siswa Berkemampuan Akademik Rendah Kelas X Pada SMA yang Berbeda, (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel00BD0CF 15523578394F1BAB919539330.pdf), diakses 4 Maret 2016.

Rizkita, L. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi Siswa Kelas X SMA Kota Malang, (Online), (http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/biologi/ article/view/32758), diakses 4 Maret 2016.

Rubin, P. 1995. Teaching Elementary Languange Art: An Integrated Aproach. Boston: Allyn and Bacon.

Sadia, I. W., Arnyana, I. B. P., dan Muderawan, I. W. 2013. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(2):209—220.

Sele. Y., Indriwati. S. E., Corebima, A. D. 2016. Mengungkap Potensi Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadu Think Pair Share dalam Memberdayakan Keterampilan Metakognitif dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016, Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang.

Silver, A. E. & Smith, S. M. 1996. Building Discourse Communities in Mathematics Classroom. P.C Elliot, dan M. J. Kenney (Ed.). Communication in Mathematics: K’12 and Beyond. Yearbook of the National Council of Teacher of Mathematics.

Suciati., Pinkan. A., Iva. Y. & Yusroh. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Lingkungan terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains Siswa. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Symposium on Biology Education (Symbion) di Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta pada tanggal 4 Oktober 2015.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Tryanasari. 2012. Menumbuhkan Karakter Baik (Good Character) melalui Menulis Kreatif di Sekolah Dasar, (Online), (https://publikasiilmiah.ums. ac.id/bitstream/handle/11617/1668/Dewi%20Tryanasari.pdf?sequence=1), diakses 8 November 2016.

Usman, A. 2014. Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) didukung Metode Resitasi terhadap Kemampuan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif dan Karakter Siswa pada Pembelajaran Biologi SMAN di Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Utami, P. R.2011. Pengaruh Model Pembelajaran Search Solve Create And Share (SSCS) dan Problem Based Instruction (PBI) terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa. Jurnal UNS BIOEDUKASI, 4 (2):57—71.

Vandalita, M. M. R. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Think Pair Share (TPS) terhadap Sikap Sosial, Keterampilan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep, dan Retensi Biologi Siswa Multietnis di SMP Kota Samarinda. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Yanuarta, L. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan Teknik Talking Stick dalam Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar IPA-Biologi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (Pancaran), 3 (1):69—78.

Zulkarnaini. 2011. Model Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dan Berpikir Kritis. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. Edisi Khusus No. 2: 144—153.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i2.8515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License