BAHAN AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS VII

Fahmi Arif Ashfahany, Sapto Adi, Eko Hariyanto

Abstract


Learning resources basically a teaching materials used in teaching and learning process which aims to facilitate the objectives and the learning process. Interactive multimedia a learning materials utilizing advances in technology and used to deliver the message to learn the form of knowledge, skills and attitudes that can stimulate thought patterns, concerns, wishes and feelings of students in the learning process so as intentional learning can occur, control, and aims and can affect learning outcomes. Research steps that can be used in the development of multimedia ie using multimedia development model by Lee & Owen are where there are 5 steps analysis, design, development, implementation, and evaluation. Steps those actions will be concluded decent media developed unused.

Sumber belajar pada dasarnya sebuah bahan ajar yang digunakan pada proses belajar dan pembelajaran yang bertujuan untuk mempermudah tujuan dan proses pembelajaran berlangsung. Multimedia interaktif suatu bahan pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi dan digunakan untuk menyalurkan pesan belajar berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dapat merangsang pola pikr pikir, perhatian, kemauan dan perasaan peserta didik pada proses belajar sehingga secara disengaja proses belajar dapt terjadi, terkendali, dan bertujuan serta dapt memengaruhi hasil belajar. Langkah-langkah penelitian yang dapat digunakan pada pengembangan multimedia yaitu menggunakan model pengembangan multimedia oleh Lee & Owen yang mana terdapat 5 langkah, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Langkah-langkah tersebut nantinya dapat menyimpulkan media yang dikembangkan layak tidak digunakan.


Keywords


teaching materials; interactive multimedia; physichal education; bahan ajar; multimedia interaktif; PJOK

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. & Sriwiyana, H. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Arsyad, A. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Lampiran Standar Isi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Lampiran Standar Isi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta.

Borg, W.R & Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introducing, Fourth Edition. New York: Longman.

Dikshit, J. Garg, S. & Panda, S. 2013. Pedagogic Effectiveness of Print, Interactive Multimedia, and Online Resources: A Case Study of IGNOU. International Journal of Instruction July 2013, Vol.6, No.2.

Dwiyogo, W.D. 2010. Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Dwiyogo, W.D. 2013. Media Pembelajaran. Malang: Wineka Media.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Husdarta. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Januszewski & Molenda, M. 2008. Educational Technology: a definition with commentary, (pp) 92—130. New York: Routledge.

Latuheru, J.D. 1988. Media Pembelajaran: Dlaam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Departemen P&K Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Moston, M. & Ashwort, S. 2013. Gaya Mengajar Pendidikan Jasmani. Malang: Wineka Media.

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Paturusi, A. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Sage, G. 2005. The future of phisycal education. New York: Routledge.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wiendartun, Ramalis, T.R & Rochman, H.S. 2007. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia terhadap Hasil Belajar Fisika. Proceeding of The First International Seminar on Science Education. Jurusan Fisika FPMIPA UPI. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i2.8540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Fahmi Arif Ashfahany, Sapto Adi, Eko Hariyanto




JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License