KONTRIBUSI DAYA KREATIVITAS DAN KINERJA PRAKERIN TERHADAP HASIL UJI KOMPETENSI KEAHLIAN

Ayu Septiana Pratiwi, Dwi Agus Sudjimat, Hakkun Elmunsyah

Abstract


The aim of this research was to determine the contribution of creativity and prakerin performance toward the result of uji kompetensi keahlian at XII class SMK Tulungagung. The design of the study using a quantitative approach. The sampel used are as many as 169 students. Data collection for creativity trick is using questionnaire, variabel prakerin performance anda resutl of  uji Kompetensi keahlian using value documentation. Data anaysis included descriptive and regression. The result showed that: (1) the contributtion of creativity trick towards result of uji kompetensi keahlian by 21%; (2) the contributtion of prakerin performance toward result of uji kompetensi keahlian by 36,5%; (3) the contributtion creativity trick and prakerin performance toward result of uji kompetensi keahlian by 42,3% students TKJ at SMK Tulungagung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi antara daya kreativitas dan kinerja prakerin terhadap hasil uji kompetensi keahlian siswa kelas XII di SMK se-Tulungagung. Rancangan penelitian menggukanan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 169 siswa. Pengumpulan data variabel daya kreativitas menggunakan angket, sedangkan untuk variabel kinerja prakerin dan hasil uji kompetensi keahlian dengan dokumentasi nilai. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan (1) kontribusi daya kreativitas terhadap hasil uji kompetensi keahlian sebesar 21%; (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara kinerja prakerin sebesar 36,5% terhadap hasil uji kompetensi keahlian; dan (3) kontribusi daya kreativitas dan kinerja prakerin sebesar 42,3% terhadap terhadap hasil uji kompetensi keahlian siswa kelas XII paket keahlian TKJ di SMK Se-Tulungagung.


Keywords


creativity trick; prakerin performance; UKK result; daya kreativitas; kinerja prakerin; hasil uji kompetensi keahlian

Full Text:

PDF

References


adan Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian UKK SMK Tahun Pelajaran 2014/2015. (Online), (www.mustofatope.file.wordpress.com/2015/03/pedoman-ukk2015.pdf), diakses 25 Desember 2015.

Badan Pusat Statistik. 2015. Berita Resmi Statistik Keadaan Ketenagaan Februari 2015. No. 47/05Th. XVIII, 5 Mei 2015.

Budiyana, I. 2010. Hubungan Motivasi Belajar, Kematangan Siswa, Prestasi Belajar, dan Kerja Praktik Industri dengan Kesiapan terhadap Dunia Kerja Siswa Bidang Keahlian Teknik Bangunan Se-Malang Raya. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Dewi, K.T.S., Yudana. I,M. & Dantes, N. 2013. Kontribusi Minat Kewirausahaan, Kreativitas, dan Persepsi tentang Pasar Kerja Non Formal terhadap Hasil Belajar Praktik Siswa Program, Keahlian Tata Busana pada SMKN 3 dan 4 Denpasar tahun 2012. E-jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol 4 Tahun 2013.

Irwanti,Y & Sudira, P. 2014. Evaluasi Uji Kompetensi Siswa Keahlian Multimedia di SMK Se-Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 3, November 2014.

Jayanti, R & Sudarwanto, T. 2012. Pengaruh Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) terhadap Hasil Uji Kompetensi Keahlian Siswa Kelas XII TN SMK Negeri 2 Nganjuk. Jurnal UNESA.

Murtiningrum, T. 2013. Pembelajaran Kimia dengan Problem Solving Menggunakan Media E-Learning dan Komik Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Abstrak dan Kreativitas Siswa. Jurnal INKUIRI, ISSN: 2252-7893, Vol 2, No 3 2013 (hal 288-301).

Nidhom, A.M., Sonhadji, A. & Sudjimat, D.A. 2015. Hubungan Kesiapan Belajar, Lama Pembelajaran, Kesesuaian Tempat dan Partisipasi DU/DI dengan Hasil Prakerin Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Kota Batu. Jurnal INVOTEC, Volume XI, No.1, Februari 2015:1—4.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 23 Tahun 2004 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi. (Online), (www.bpkp.goid/uu/filedownload/4/61.pdf), diakses 10 Januari 2016.

Pallingan, V.R. 2014. Pengaruh Kreativitas, enterpreneurship dan Kecerdasan Kompetitif terhadap Kinerja Pimpinan Program Studi. INVOTEC, Vol. X, No.2, Agustus 2014:153—168.

Pratiwi, S. 2013. Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Motivasi Kerja terhadap Hasil Uji Kompetensi Siswa SMK N Tembarak. Jurnal Skripsi. FT UNY.

Priyatama, A.A. 2013. Profil Kompetensi Siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Kota Pekalongan. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 2, Juni 2013.

Riduwan & Kuncoro. 2013. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Path). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhartadi, S. 20122. Pengembangan Model Perangkat Uji Kompetensi di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi dalam Bidang Permesinan. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Vol 34, No. 2, September 2011: 155—164.

Sumayku, J. Hubungan 2011. Kreativitas dan Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran dengn Pencapaian Prestasi Belajar pada Jurusan Listrik di SMK Negeri 2 Bitung. ED VOKASI, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol 2, No 2, hal 23—27, September 2011.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Hange Publication.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia. (Online), (www.inherentdikti.net/files/sisdiknas.pdf), diakses 29 Desember 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i2.8548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ayu Septiana Pratiwi, Dwi Agus Sudjimat, Hakkun Elmunsyah




JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License