PENGEMBANGAN ECONOMICS POCKET BOOK BERBASIS QUANTUM LEARNING UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ni Wayan Ayu Santi, Agung Haryono, Sunaryanto Sunaryanto

Abstract


The purpose of this study is to produce and know the quality of quantum learning based economics pocket book. In developing economics pocket book the research uses design based research. The result of study show that the matter experts, education and education practtioners provide ratings that economics is a very decent to be used without revision. Besides design experts provide decent ratings with the revition. The result of the field test showed positive responses from students with the acquistion of a persentage of 90% in addition to the field tes results II also earn a percentage of 87,4%.  Based on the result above, economics pocket book is very decend for be used without revision.

 Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas economics pocket book berbasis quantum learning. Peneliti dalam mengembangkan economics pocket book menggunakan model pengembangan Design Based Research. Hasil penelitian menunjukkan ahli materi, pendidikan dan praktisi pendidikan memberikan penilaian bahwa economics pocket book sangat layak digunakan tanpa revisi, selain itu ahli desain memberikan penilaian bahwa layak digunakan dengan revisi. Hasil dari uji lapangan I menunjukkan tanggapan positif dari siswa dengan perolehan persentase 90%, selain itu hasil uji lapangan II juga memperoleh persentase sebesar 87,4%. Berdasarkan hasil tersebut maka economics pocket book berbasis quantum learning termasuk kualifikasi sangat layak digunakan tanpa revisi.


Keywords


economics pocket book; quantum learning

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. 1989. Manajemen Penelitian. Depdikbud: Jakarta.

Daryanto dan Dwicahyono. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Deporter, Bobbi. Mike Hernacki. 2004. Quantum Learning. Bandung: Penerbit Kaifa.

------- 2014. Quantum Teaching. Bandung: Penerbit Kaifa.

------- 2015. Quantum Learning. Bandung: Penerbit Kaifa.

Siswanto. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Sains SD dengan Menggunakan Model Elabolari. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ekonomi. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Setiawan, A. 2013. Penerapan Buku Saku Mastercam untuk Meningkatkan Keaktivan dan Kompetensi Siswa pada Mata Pelajaran CNC di SMK N 2 Depok Sleman. (Online), (http eprints.uny.ac.id, diakses 22 November 2015).

Setyono, Y.A. Sukarmin & Daru Wahyuningsih. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajaran Fisika Kelas VIII Materi Gaya Ditinjau dari Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret. 1 (1):118—126.

Setyosari, P. 2001. Rancangan Pembelajaran. Malang: Elang Mas.

Rahardja, P. & Mandala Manurung. 2008. Pengantar Ekonomi (Mikroekonomi dan Makroekonomi). Jakarta: FE Universitas Indonesia.

Wang, F. & Hanafin, M.J. 2011. Design Based Research and Technology Enhanced Learning Environments. Educational Technology Research & Development (ETR&D), 53 (4):5—23.

Wilkinson, G.L. 1984. Media dalam Pembelajaran Penelitian selama 60 Tahun. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan CV Rajawali.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i4.8760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ni Wayan Ayu Santi, Agung Haryono, Sunaryanto Sunaryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License