PENGEMBANGAN MODUL PUISI RAKYAT SUMBAWA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Sukiman Sukiman, Yuni Pratiwi, Nita Widiati

Abstract


This study was aimed to develop Sumbawanese poetry module and test the effectiveness by using experimental one-goup pretest-posttest design. The developing model used in this study 4-D design by Thiangarajan, Dorothy and Melvyn. The product was validated by experts; experts of poetry learning, module design, and culture. The development of the module consisted of practitioners test, the effectiveness test and distribution of module. Based on the validation, it showed that the module was accepted well by the students. It can be seen from the mean of the posttest, 71,90. So it can be concluded that the module was effective and can be applied in the teaching learning activity.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul puisi rakyat Sumbawa serta menguji keefektifan melalui eksperimen dengan desain one-grup pretest-posttest design. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu desain 4-D oleh Thiangarajan, Dorothy, dan Melvyn. Modul yang telah dikembangkan, divalidasi oleh ahli, yang meliputi ahli pembelajaran puisi, desain modul, dan ahli budaya. Pengembangan modul sampai pada tahap uji praktisi, uji keefektifan serta penyebarluasan. Hasil uji keefektifan modul ini dapat diterima dengan baik oleh siswa. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata hasil postes siswa sebesar 80,60 bila dibandingkan dengan rata-rata hasil pretes siswa sebesar 71,90. Dengan demikian, modul yang telah dikembangkan dapat dikatakan efektif dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.


Keywords


development; module; sumbawa folk poetry; literature; pengembangan; modul; puisi rakyat sumbawa; sastra

Full Text:

PDF

References


Bandono. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. (Online), (http://bandono.web.id/2009/04/02/pengembangan-bahan-ajar.php, diakses 16 Februari 2017).

Daryanto dan Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Haryati, E. 2014. Lawas Samawa dalam Prosesi Perkawinan Tradisional Etnik Samawa. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Jaedun, A & Ishartiwi. 2010. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Sumber Belajar Alternatif. Makalah disajikan dalam Diklat Pemanfaatan Sumber Belajar yang Kreatif Bagi Guru-guru, di Gedung Auditorium MMTC Yogyakarta, 14 Maret 2010,( Online),(http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Ishartiwi,%20M.Pd.,%20Dr.%20/Bahan%20Pengayaan%20Makalah%20Sumber%20Belajar.pdf, diakses 18 Agustus 2016).

Makhin, A. 2014. Penggunaan Bahan Ajar Berbasis IMTAQ dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Manusia di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Astanajapura Kabupaten Cirebon. Jurnal Scientiae Educatia (Online), Volume 3 Nomor 1 Juni 2014, (http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index. php/sceducatia/article/download/551/484, diakses 16 Februari 2017).

Nasution. 2006. Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rusmiati, I Gusti Ayu. 2013. Pengembangan Modul IPA dengan Pendekatan Kontekstual untuk Kelas V SDN Samarapura Tenga. Jurnal Program Pascasarjana Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran (volume 3 Tahun 2013), (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=259419&val=7034&title=PENGEMBANGAN%20MODUL%20IPA%20DENGAN%20PENDEKATAN%20KONTEKSTUAL%20UNTUK%20KELAS%20V%20SD%20NEGERI%202%20SEMARAPURA%20TENGAH, diakses 30 Agustus 2016).

Setyosari, P. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono, B.Y & Anas Ahmadi. 2010. Cerita Rakyat di Pulau Mandangin: Kajian Struktural Antropologi. (online), (http://journal.unair.ac.id/filer PDF/ 06_REVISI Cerita %20 Rakyat %20 di %20 Pulau %20 Mandangin_EDITAN %20_tyas_%20 mda.pdf, diakses 7 Mei 2016).

Thiangarajan, Sivasailam, Dorothy S. Semmel & Melvyn I. Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Zulkarnain, A. 2011. Tradisi dan Adat Istiadat Samawa. Yogyakarta: Ombak.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i4.8878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sukiman Sukiman, Yuni Pratiwi, Nita Widiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License