PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V

Irwan Hidayat, Siti Malikhah Towaf, Ruminiati Ruminiati

Abstract


The purpose of this study is to describe the improvement of the critical thinking and learning outcomes IPS through cooperative script by mind map. This research used qualitative approach and the form of this research is classroom action research. The subject of this research is the fifth grade students of SDN 1 Prigi in 2015/2016 academic year that consist of 13 students. The instrument of collecting data used observation, test, and fields note. The technique of analyzing data used descriptive qualitative analysis. This research is consists of two cycles and each cycles consist of four stage that is planning, action, observation and reflection. The result of this research is percentage of critical thinking in cycle I is 61,53% (8 students) increase 84,61% in cycle II (11 students). The percentage of learning outcomes affective in cycle I is 76,92% (10 students), cognitive 69,23% (9 siswa), increase in cycle II affective 92,30% (11 students), cognitive 86,41% (11 siswa). Based on the research that have been implemented, it can be concluded that improve the critical thinking and learning outcomes used cooperative script by mind map.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperative script berbantuan mind map dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Prigi tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 13 siswa, terdiri atas empat laki-laki dan sembilan perempuan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas tiga kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan bersamaan observasi, dan refleksi. Hasil penelitian yaitu persentase keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I mencapai 64,29% (8 siswa) dan pada siklus II meningkat menjadi 84,61% (11 siswa). Persentase hasil belajar siswa pada siklus I pada ranah afektif mencapai 76,92% (10 siswa), kognitif 69,23% (9 siswa) dan pada siklus II meningkat pada ranah afektif menjadi 92,30% (12 siswa). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa terjadi karena penerapan model pembelajaran cooperative script berbantuan mind map.


Keywords


cooperative script; mind map; critical thinking and learning; outcomes; cooperative script; mind map; berpikir kritis; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Andriani, I.S. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA di Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: BSNP.

Buzan, T. 2012. Pintar Mind Map. Terjemahan Susi Purwoko. 2006. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah, S.B & Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terjemahan Benyamin Hadinata. 2009. Jakarta: Erlangga.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. 2014. Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Pragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, B. Weil, M. dan Calhoun, E. 2011. Models of Teaching Model Model Pengajaran, Edisi kedelapan, Alih bahasa Ahmad Fawaid dan Atailla Mirza. 2009. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Liu,Y. Zhao, G. Ma, G. dan Bo, Y. 2014. The Effect of Mind Mapping on Teaching and Learning:A Meta-Analysis. Standard Journal of Education and Essay Vol 2(1) pp. 017–031, April 2014 (ISSN: 2310-7545). (Online), (http://standresjournals.org/journals/SJERE/index.html, diakses 13 Oktober 2015).

Ruminiati. 2010. Implikasi Teori Sosiobiologis dan Budaya Patriakhi dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar Berbasis Gender. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Sosiologi Pendidikan IPS SD pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Disampaikan dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang (UM) tanggal 6 Juli 2010.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, R.E. 2009. Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yulianto. E.P, Ngatman & Budi, H.S. 2014. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script dalam Peningkatan Pembelajaran IPS SD Negeri Widarapayung Wetan 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal PGSD 6 (3) (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article, diakses 4 Oktober 2015).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i4.8927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Irwan Hidayat, Siti Malikhah Towaf, Ruminiati Ruminiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License