PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN ARIAS DIPADU MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII

Leliavia Leliavia, Mimien Henie Irawati Al Muhdhar, Hadi Suwono

Abstract


This research was to determine the effect of differences ARIAS combined mind map learning and ARIAS learning to cognitive learning outcomes grade VII SMPN 1 Tempunak. This research with quasy research experiment design approach with the design of pretest-posttest. Data were analyzed using descriptive statistics and inferensial to test the hypothesis that analysis of covariance (ANCOVA) using SPSS 23 for windows with a significance level of 0,05. The study was conducted at the grade VII SMPN 1 Tempunak with material ecosystem. The research sample consisted of three classes, namely two experimental class, the class of ARIAS combined mind map leraning, ARIAS learning and first class control. The result showed that there are differences in the effect of ARIAS combined mind map learning to cognitive student with sig. 0,000.

Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh   pembelajaran ARIAS dipadu mind map dengan ARIAS terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 1 Tempunak. Pendekatan penelitian quasi experiment design dengan rancangan pretest-posttest. Analisis data dengan statistik deskriptif dan inferensial untuk uji jipotesis yaitu analisis kovarian (Ancova) dengan menggunakan bantuan SPSS 23 for windows dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian dilakukan di kelas VII SMPN 1 Tempunak dengan materi Ekosistem. Sampel penelitian terdiri atas 3 kelas, 2 kelas eksperimen yaitu kelas yang diajar dengan pembelajaran ARIAS dipadu mind map dan kelas yang diajar dengan pembelajaran ARIAS serta 1 kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran ARIAS dipadu Mind map terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 1 Tempunak. Dengan nilai sig. 0,00.


Keywords


ARIAS; mind map; cognitive; ARIAS; mind map; kognitif

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Buzan, T. 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Carpenter, J. 2006. Effective Teaching Methods for Large Classes. Journal of Family & Consumer Sciences Education, 24:13—

Daryanto, H. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

DePotter, B. 2002. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Ismail. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS dan Model Pembelajaran ARIAS dipadu Peta Konsep pada Pelajaran Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Kognitif, dan Afektif Siswa MA Darul Kamal Nahdlatul Wathan Lombok Timur. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Islami, Z.R. 2014. Pengaruh Peta Pikiran (mind map) terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kartika, S. 2009. Model Pembelajaran ARIAS untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah Progressif. (Online), 6 (17), (http://untag-banyuwangi.ac.id/e-journal/323-model-pembelajaran-arias-untuk-meningkatkan-kualitas-belajar-mata-kuliah-anatomi-tumbuhan-vol-6-no-17-2009-issn-1693-4083.html., diakses 8 Agustus 2015.

Ningsih, K. 2010. Efektivitas Model Pembelajran ARIAS Berbasis Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Sains pada Siswa SMP Kota Pontianak. Jurnal Cakrawala Kependidikan. 20120, 2:112—123.

Keller, J.M. 1987. Development and use of ARCS model of Instructional Design. Journal of Instructional Development, Vol. 10 (3):2—9.

Praptinasari. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, and Satisfaction (ARIAS) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA AL Islam 1 Surakarta. Pendidikan Biologi. (Online), 4(1), (http://www.google.co.id/url?q=http://downloads.hindawi.com/journals/isrn/2012/759241.pdf, diakses 9 Januari 2015

Riswanto & Pebri, P.P. 2012. The Use of Mind Mapping Strategy in the Teaching of Writing at SMAN 3 Bengkulu, Indonesia. International Journal of Humanities and Social Science, (Online), 2(21), (http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_21_November_2012/8.pdf, diakses 4 Januari 2015).

Samani, M & Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Sa’daah, S.P.S, W. 2010. Penerapan Model ARIAS dalam Pembelajaran TIK. Jurnal Pendidikan Teknologi informasi dan Komunikasi (PTIK), (Online), Vol. 3 No.1, (http://fileupi.edu, diakses 2 Januari 2015).

Saepuloh, A. 2010. Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Perbaikan Sistem Kelistrikan Otomotif (PSKO). Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: UPI. (Online), (http://repository.upi.edu/90/, diakses 6 Desember 2016).

Sopah, D. 1998. Studi tentang Model Peningkatan Motivasi Berprestasi Siswa. Laporan penelitian. Palembang: Lembaga Penelitian Universitas Sriwijaya.

Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i4.8934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Leliavia Leliavia, Mimien Henie Irawati Al Muhdhar, Hadi Suwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License