BAHAN AJAR TEMATIK MATERI PUISI KELAS V SD DENGAN PEMANFAATAN PETA PIKIRAN DAN LINGKUNGAN SEKITAR

Roni Wibowo, Utami Widiati, Anang Santoso

Abstract


The purpose of this research is to develop thematic teaching suplementary materials for year V focusing on poetry. These materials were used with mind mapping and also the environment as learning resources. The materials were validated in terms of content, language, and layout later, the materials were tried out to 6 elementary students in small-scale validation and to 40 students in the large-scale validation. The trial results demonstrate the feasibility of teaching materials have a high level. The average validity got 90.025, the attractiveness 91.80, the effectiveness 92.75 and the practicality 92.18. So it is recomended be implemented as a supporting source in the learning activities, especially in studying poetry.

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar tematik bersifat suplemen untuk kelas V fokus kajiannya materi puisi. Bahan ajar memanfaatkan peta pikiran serta lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran. Bahan ajar divalidasikan pada aspek isi, bahasa, dan desain, selanjutnya diujicobakan kepada 6 siswa pada uji kelompok kecil dan 40 siswa pada uji kelompok besar. Hasil uji coba menunjukkan tingkat kelayakan bahan ajar sangat tinggi. Rata-rata kevalidan sebesar 90,025, kemenarikan 91,80, keefektifan 92,75, dan kepraktisan 92,18. Dengan demikian,  disarankan agar bahan ajar ini diimplementasikan sebagai sumber pendukung pembelajaran tematik, khususnya materi puisi.


Keywords


development of teaching materials; poetry; mind mapping; environment; pengembangan bahan ajar; puisi; peta pikiran; lingkungan sekitar

Full Text:

PDF

References


Atarsemi. 2007. Menulis Eefektif. Padang: Angkasa Raya.

Borg, Walter R & Gall, Meredith D. 1979. Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Buzan, T. 2011. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Darmawanto. 2011. Konsep Dasar Puisi dan Analisisnya. Jakarta: Jurnal Bahasa Indonesia.

Davi, U.I., Sulandra, I.M. & Slamet. 2013. Penerapan Pembejaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Aljabar bagi Siswa Kelas VIIII-B SMP Negeri 10 Malang, (Online), (http://jurnal-online.um.ac.id, diakses 10 Februari 2016).

Doyin, M. 2014. Pengembangan Materi Ajar Puisi di SD. Journal Lingua. (Online), 10 (1):70—79, (http://www.journal.unnes.ac.id, diakses 15 September 2016).

Edwards S, Cooper N. 2010. Mind Mapping as Teaching Resource. The Clinical Teacher, 7. pp:236—239.

Indrawati. 2015. Penerapan Pembelajaran Tematik Berbantuan Peta Pikiran untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV C SDN Dinoyo 2 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Karta, I Made, Sudaryono & Budiyono H. 2002. Pengembangan Video Pembelajaran Menulis Puisi Baru Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Tekno-Pedagogi, (Online), 2 (1):32—39, (http://www.online-journal.unja.ac.id, diakses 12 September 2016).

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Murti, T. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Banggle 02 Kanigoro Blitar dengan Strategi Pemetaan Pikiran. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Putri, W.L. 2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Mind Mapping dengan Media Audiovisual. Joyful Learning Journal, 3 (2): 8—16, (http://www.journal.unnes.ac.id, diakses 12 September 2016).

Rizqoh. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Poems for Two Voices (PTV) dengan Strategi Pemetaan Pikiran dan Media Gambar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Santoso, A. 2014. Teori dan Analisis Wacana untuk Guru Tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah. Journal. J-TEQIP, Mei 2014/ V (1).

Santrock, W.J. 2009. Psychlogi Pendidikan. Terjemahan Diana Angelina. Jakarta: Salemba Humanika.

Semi, M.A. 2002. “Buku Pendukung Pengajaran Sastra.” Dalam Sastra Masuk Sekolah (Editor Riris K. Toha-Sarumpaet). Magelang: Indonesiatera.

Slavin, E.R. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. 2010. Bandung: Nusa Media.

Sofnidar & Sabil, H. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), 2 (2), (http://online-journal.unja.ac.id, diakses 27 April 2016).

Sukirman dan Dadang Asra. 2012. Landasan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukma, E. 2006. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri Sumbersari III Malang dengan Strategi Pemetaan Pikiran. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Suyitno, A. & Eko, N. 2015. Pembelajaran Berbasis Pendidikan Berbahan Ajar Puisi dengan Teknik Pembacaan Heuristik-Hermeneutik. Jurnal Pendidikan Litera, 14 (1):122—133, (http://www.journal.uny.ac.id, diakses 10 September 2016).

Swadarma, D. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Widiati, U. 1996. Audience Adaptations in Non-Narrative Genre Written by Children at Key Stage 2. M.A. Thesis. London: Institute of Education, University of London.

Widiati, Utami & Furaidah. 2000. Meningkatkan Audience/Purpose Awareness Siswa Sekolah Dasar melalui Kegiatan Menulis yang Berorientasi pada Pembaca dan Tujuan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7 (4):326—335, (http://www.journal.um.ac.id, diakses 12 November 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Roni Wibowo, Utami Widiati, Anang Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License