PENGEMBANGAN MULTIMEDIA CERITA RAKYAT SEBAGAI PENUMBUHAN KARAKTER SISWA

Kusmayadi Kusmayadi, Imam Suyitno, Maryaeni Maryaeni

Abstract


This study was aimed to test feasibility multimedia appreciation folklore charged character education for student junior grade VII. The approach that was undertaken use qualitative and quantitative reseach. Subject pilot this reseach is one expert learning, one person media expert learning, practitioner, 5 (six) student on trial small group, and 30 (thirty) student on trial a large group. The trial court implemented in Junior High School 1 Praya Lombok Middle east. The data was undertaken through observation, charging chief, and guide documentation. Analysis quantitative data done by counting the percentage feasibility the product of the people of learning, media experts, practitioner, the results of the small group and results of the test a large group. The results of data qualitative presented in the form of exposure to. The research results show multimedia learning on all the step of experiment try is at the percentage very reasonable to be used as a media learning.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan multimedia apresiasi cerita rakyat bermuatan pendidikan karakter untuk siswa SMP Kelas VII. Pendekatan yang dilakukan menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Subjek uji coba penelitian ini adalah satu orang ahli pembelajaran, satu orang ahli media pembelajaran, satu orang praktisi, enam siswa pada uji coba kelompok kecil, dan tiga puluh siswa pada uji coba kelompok besar. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMPN 1 Praya Timur Lombok Tengah. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, pengisian angket, dan panduan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menghitung persentase kelayakan produk dari ahli pembelajaran, ahli media, praktisi, hasil uji kelompok kecil dan hasil uji kelompok besar. Hasil data kualitatif disajikan dalam bentuk paparan. Hasil penelitian menunjukkan multimedia pembelajaran pada semua tahap uji coba berada pada persentase sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


development; multimedia; folklore; education character; pengembangan; multimedia; cerita rakyat; pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi II. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Borg, Walter R. & Gall, Meredith Damien. 1979. Educational Reseach An Introduction. New York: Longman Inc.

Darmawan, D. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Huda, M. 2013. Menengok Pendidikan Karakter di Indonesia, (Online), (www.ukmpenulis.um.ac.id/2013/11/01/menengok-

pendidikan-karakter-indonesia/, diakses 22 April 2016).

Lickona, T. 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan

Tanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.

Musfiqon, H.M. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ratna, N.K. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyitno, I., Musthofa Kamal., Sunoto & Indra, S. 2016. Teknik Pembelajaran Observasi Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal.

Jurnal Ilmu Kependidikan, (Online), 15 (2):14—28, (http://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/viewFile/6826/pdf,

diakses 21 April 2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kusmayadi Kusmayadi, Imam Suyitno, Maryaeni Maryaeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan

Electronic ISSN 2502-471X

Graduate School of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License