PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MUTASI GENETIK PADA MATAKULIAH GENETIKA

Reza Ardiansyah, Aloysius Duran Corebima, Fatchur Rohman

Abstract


Teaching materials is one of the important components in learning that can help the smooth learning of students. The purpose of this research is to produce teaching material of genetic mutation in genetics course in State University of Malang. Development of teaching materials using Four-D development model. Data analysis is descriptive qualitative and quantitative descriptive. The result of development of teaching materials in the form of Module Genetic of mutation. The instructional materials in the form of modules have been revised based on the assessment of expert validators and small group trials. Based on the percentage of validity obtained from material expert validators, media experts and small group trials, the developed Module Genetic of mutation has met the valid criteria and can be used with the acquisition of percentages of 86.00%, 88.38%, and 88.38%. Product revisions are made based on comments and suggestions provided by validators and small group trials. Module Genetic of mutation comes with instructions for use, discussion, tasks, summary, test questions, reflections, answer keys, ratings, and glossary.

Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran yang dapat membantu kelancaran belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar mutasi genetik pada matakuliah Genetika di Universitas Negeri Malang. Pengembangan bahan ajar menggunakan model pengembangan Four-D. Analisis data berupa data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan bahan ajar berupa Modul Genetika Mutasi. Bahan ajar berupa modul telah direvisi berdasarkan hasil penilaian validator ahli dan uji coba kelompok kecil. Berdasarkan persentase kevalidan yang diperoleh dari validator ahli materi, ahli media dan uji coba kelompok kecil. Modul Genetika Mutasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan dapat digunakan dengan perolehan persentase masing-masing 86,00%, 88,38%, dan 88,38%. Revisi produk dilakukan berdasarkan komentar dan saran yang diberikan oleh validator dan uji coba kelompok kecil. Modul Genetika Mutasi ini dilengkapi dengan petunjuk penggunaan, diskusi, tugas, rangkuman, soal tes, refleksi, kunci jawaban, penilaian, dan glosarium.


Keywords


teaching materials; genetic mutations; genetic subjects; Four-D; pengembangan bahan ajar; mutasi genetik; matakuliah genetika; Four-D

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Dick, W. & Carey, L. 1996. The Systematic Design of Instruction. 4th ed. New York: Harper Collin.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Octavia, R.F. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol III, No 1, Maret 2015.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto, A.R & Suharto L. 2007. Pengembangan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan.

Santyasa, I.W. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan teori Pengembangan Modul. Makalah disajikan dalam pelatihan bagi para pendidik TK, SD, SMP, SMA, dan SMK tanggal 12—14 Januari 2009, di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung.

Soetanto, H. 2012. Menulis Modul Kuliah. (Online), (http://mayangsunyoto.lecture.ub.ac.id/files/2012/06/Menulis-Modul-Kuliah.pdf, diakses 24 April 2016).

Sungkono. 2006. Pengembangan Bahan Ajar Modul. Yogyakarta: FIP UNY.

Thiagarajan, S., et al. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: University of Minnesota.

Ratiyani, I.W., Subchan, S & Hariyadi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Digital dan Aplikasinya Dalam Model Siklus Pembelajaran 5e (Learning Cycle 5e) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar (Siswa Kelas VII di SMP Negeri 10 Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013). Jurnal Pendidikan UNEJ. 3 (1):79—88.

Toras Barita Bayo Angin, Syahrul R., Agustina. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Menulis Iklan di Kelas VIII SMP 2 Padangsidimpuan Sumatera Utara. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran. Volume 3 Nomor 1, Februari 2015.

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Reza Ardiansyah, Aloysius Duran Corebima, Fatchur Rohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License