PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BUDIDAYA TANAMAN KEDELAI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA SMK PERTANIAN

Endrik Nurrohman, Siti Zubaidah, Heru Kuswantoro

Abstract


The purpose of this research is to test the feasibility of learning module of soybean cultivation with contextual approach for students of Vocational High School (SMK) of agriculture in Batu city based on the result of research of nitrogen dosage effect on the stability of CpMMV resistant soybean genotype. The learning module development model used is the ADDIE model consisting of five stages: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation developed by Branch. The assessment of the feasibility of the module is assessed by three expert validators namely material experts, resource experts, and practitioners who have been competent in the case. The results show that the percentage of 93% means that the module developed is very valid and feasible for use in learning.

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji kelayakan modul pembelajaran budidaya tanaman kedelai dengan pendekatan kontekstual untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pertanian di Kota Batu berdasarkan hasil penelitian pengaruh dosis nitrogen terhadap perawakan genotipe kedelai tahan CpMMV. Model pengembangan modul pembelajaran yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation yang dikembangkan oleh Branch. Penilaian kelayakan modul dinilai oleh tiga orang validator ahli, yaitu ahli materi, ahli bahan ajar, dan praktisi yang sudah kompeten dibidangnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentasenya  93% yang berarti modul yang dikembangkan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


module development; cultivation of soybean crops; contextual; pengembangan modul; budidaya tanaman kedelai; kontekstual

Full Text:

PDF

References


Adisarwanto. 2010. Strategi Peningkatan Produksi Kedelai sebagai Upaya untuk Memenuhi Kebutuhan di Dalam Negeri dan Mengurangi Impor 1. Pengembangan Inovasi Pertanian 3 (4):319—331.

Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Andayani, W. R., Sumardiyono, Y.B., Hartono, Sedyo., & Prapto Yudono. 2011. Incidence of Soybean Mosaic Disease in East Java Province. Agrivita. 33 (1).

Badan Pusat Statistik. 2015. Produksi Padi, Jagung, dan Kedelai (Angka Tetap Tahun 2014 dan Angka Ramalan 2015) Berita Resmi Statistik No. 62/07/ Thn XVIII, I Juli 2015 (Online), diakses 11 Januari 2017.

Branch, R.M. 2009. Introductional Design: The ADDIE Approach. New York Departemen of Educatioal Phychiology and Iontroductional Technologi Univercity of Georgia.

Dantes, N. 2008. Pengembangan Bahan Ajar dalam Kaitan dengan KTSP. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Depdiknas. 2008. Penulisan Modul. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikanb Nasional: Jakarta.

Depdiknas, 2010. Teknik Pengembangan Bahan Ajar SMA. Direktorat Pembinaan SMA Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Isnatin, U., Waluyo, D., Parjanto Djati., & Heru Kuswantoro. 2015. Keragaan Galur Kedelai Hasil Persilangan Varietas Tanggamus x Anjasmoro dan Tanggamus x Burangrang di Tanah Entisol dan Inceptisol. EL-VIVO. 3 (1):72—80.

Mahyuni, S. R. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Masalah Materi Reproduksi Kelas XI IPA SMA/MA. Tesis Tidak diterbitkan. Medan: Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Muldhofir, A. 2011. Aplikasi Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Bahan Ajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurhadi, dkk. 2009. Pembelajaran Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang.

Permanasari, I., Mokhamad Irfan., & Abizar. 2014. Pertumbuhan dan Hasil Kedelai (Glycine Max (L.) Merill) dengan Pemberian Rhizobium dan Pupuk Urea pada Media Gambut. Jurnal Agroteknologi. 5 (1):29—34.

Siswono, T.Y.E. 2002. Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. 8 0852-7792.

Sudira, P. 2006. Kurikulum Tingkat Stuan Pendidikan SMK. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Triyono, M.B., Siswanto, B.T., Hariyanto & Wagiran. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Makalah Disajikan dalam Diktat TOT Calon Tenaga Pengajar/ Dosen Lingkungan Badiklat Perhubungan, AKMIL Magelang 12—22 Desember.

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, tanggal 10 Desember 2016 di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Kalimantan Barat.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Endrik Nurrohman, Siti Zubaidah, Heru Kuswantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License