PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS BUDAYA LOKAL

Ninik Wijiningsih, Wahjoedi Wahjoedi, Sumarmi Sumarmi

Abstract


Instructional materials used in the learning activities are textbooks. Textbooks used in thematic learning covers teacher and student books. The teachers and students book should contain materials which is associated with something real and often viewed by students in the neighborhood. The purpose of this research is to develop instructional thematic materials such as teachers' books and students' books valid local culture-based, effective, and practical with Proud as an Indonesian nation. Collecting research data through questionnaires, observation sheets, and test. Based on data analysis concluded that the book was developed valid, effective, and practical use in learning.

Bahan ajar yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah buku teks. Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran tematik meliputi buku guru dan buku siswa. Buku guru dan buku siswa hendaknya berisi materi-materi yang dikaitkan dengan sesuatu yang nyata dan sering dilihat oleh siswa di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar tematik berupa buku guru dan buku siswa berbasis budaya lokal pada tema Bangga sebagai Bangsa Indonesia yang valid, efektif, dan praktis. Pengumpulan data penelitian melalui angket, lembar observasi, dan tes.Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa buku yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


instructional materials; thematic; local culture; bahan ajar; tematik; budaya lokal

Full Text:

PDF

References


Ajawaila, A.W. 2002. Kebudayaan Suku Bangsa Kei, Kabupaten Maluku Tenggara: Laporan Penelitian. Jakarta: Badan Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata, Deputi Bidang Pelestarian dan Pengembangan Budaya, Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Ambon.

Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Alfi, C., Sumarmi., & Ach. Amirudin. 2016. Pengaruh Pembelajaran Geografi Berbasis Masalah dengan Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (4):597—602, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6203/2638, diakses 17 Maret 2017).

Andriani, E., Sumarmi., & I Komang Astina. 2016. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (11):2106—2112, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7886/3611, diakses 17 Maret 2017).

Andrinata, Sumarmi., & I Komang Astina. 2016. Pengembangan Modul Geografi Pariwisata Berbasis Paket Wisata Pulau Lombok sebagai Upaya Memupuk Rasa Cinta Tanah Air pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7339/3325, diakses 17 Maret 2017).

Koentjaraningrat. 1974. Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muis, A.A., Sumarmi., & I Komang Astina. 2016. Strategi Pengembangan Ekowisata Bahari sebagai Sumber Belajar Geografi Pariwisata. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (11):2178—2188, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8068/3680, diakses 17 Maret 2017).

Puspitasari, E., Sumarmi., & Ach. Amirudin. 2016. Integrasi Berpikir Kritis dan Peduli Lingkungan Melalui Pembelajaran Geografi dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (2):122—126, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6106/2568, diakses 17 Maret 2017).

Prastowo, A. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmatullah, Wahjoedi, Suman, A., & Wahyono, H. 2016. Eco-Culture Pancasila Valuesand Its Implementation in Econnomic Learning.IOSR Journal of Research & Method in Education. Volume 6., Issue 2 Ver.II:2320-7388, (Online), (https://www.iosrjournals.org, diakses 24 Maret 2017).

Slavin, E. R. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Terjemahan Narulita Yusron. 2010. Bandung: Nusa Media.

Sofnidar & Sabil, H. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Matematika I dengan Pendekatan Kontekstual, Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), 2 (2), (http://online-journal.unja.ac.id, diakses 17 Maret 2017).

Sufia, R., Sumarmi., & Amirudin. 2016. Kearifan Lokal dalam Melestarikan Lingkungan Hidup (Studi Kasus Masyarakat Adat Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (4):726—731, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6234/2663, diakses 24 Maret 2017).

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.

Sumarmi & Ach. Amirudin. 2014. Pengelolaan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal. Malang: Aditya Median Publishing.

Suraya, M., Umi Dayati., & Hardika. 2016. Pewarisan Nilai-Nilai Budaya Lokal di Malang Raya (Studi Kasus Paes Manten Style Malangan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (8):1649—1658, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/7215/3213, diakses 24 Maret 2017).

Syarif, E., Hasriyanti., Ach. Fatchan, A., I Komang Astina., & Sumarmi. 2016. Conservation Values of Local Wisdom Traditional Ceremony Rambu Solo Toraja’s Tribe South Sulawesi as Effort the Establish of Character Education. EFL Journal. Vol. 1 No.1, ISSN: 2502-6054, (Online), (https://www.eflrjournal.org, diakses 24 Maret 2017).

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. Instructional Developmnet for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.

Wahjoedi. 2015. Pendidikan Ekonomi Berkarakter Nilai-Nilai Pancasila. Malang: Universitas Negeri Malang.

Wijayanti, A. P., Sumarmi, & Ach. Amirudin. 2016. Perbandingan Model Gruop Investigation dengan Problem Based Learning Berbasis Multiple Intelligence terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (5):948—957, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6326/2699, diakses 17 Maret 2017).

Wijayati, E. C., I Nyoman Sudana Degeng., & Sumarmi. 2016. Kesulitan-Kesulitan dalam Implementasi Kurikulum Mata Pelajaran IPS SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 1 (11):2241—2247, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8132/3700, diakses 17 Maret 2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ninik Wijiningsih, Wahjoedi Wahjoedi, Sumarmi Sumarmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License