MODEL DIAMOND DALAM PEMBINAAN KARANG TARUNA

Yuyum Sistim Ilmi, Zulkarnain Zulkarnain, Umi Dayati

Abstract


This researh aims to produce a model solution for pembinaan karang taruna. solve existing problems in karang taruna, these problems can result in programs to develop the potential and produce guidebooks which includes the coaching model for karang taruna with the aim to change the mindset. The research method was designed as a research & development, through the early studies and literature studies, planning, product development, validation expert, manual validation test, the revised model, and reporting. Methods used in the implementation of the model solutions that focus grop discussion. The results of product development is a guidebook that are contained within the model and guide to coaching karang taruna. Subject field trials is limited to the karang taruna that Dusun Dawuhan, validation is done to see the validity of products, validation is performed once by skilled and expert field PLS models. Results from a limited user test states that this guide fit for use for karang taruna who need a change of mindset.

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model solusi untuk pembinaan karang taruna, memecahkan masalah yang ada di karang taruna, dari masalah tersebut dapat menghasilkan program untuk mengembangkan potensi dan menghasilkan buku panduan yang didalamnya memuat model pembinaan untuk karang taruna dengan tujuan mengubah mindset. Metode penelitian di desain sebagai penelitian pengembangan melalui studi awal dan studi literatur, perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli, uji validasi pengguna, revisi model, dan pelaporan. Motode yang digunakan dalam implementasi model solusi yakni focus grop discussion. Hasil pengembangan produk adalah sebuah buku panduan yang didalamnya memuat model dan panduan untuk pembinaan karang taruna. Subjek uji coba lapangan dilakukan secara terbatas yakni kepada karang taruna Dusun Dawuhan, validasi dilakukan untuk melihat tingkat validitas produk, validasi dilakukan sekali oleh ahli bidang PLS dan ahli model. Hasil dari uji pengguna terbatas menyatakan bahwa buku panduan ini layak digunakan untuk karang taruna yang memerlukan perubahan mindset.


Keywords


youth organization; diamond model; coaching; karang taruna; model diamond; pembinaaan

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Y. 2015. Model Diamond dan Panduan Pembelajaran Trasformatif Program Pembinaan Karang Taruna (Penelitian Pengembangan di Kelurahan Dinoyo Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Arif, M. R & Agus Satmoko Adi. 2014. Peran Karang Taruna Dalam Pembinaan Remaja di Dusun Candi Desa Candinegoro Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. (Online), (http://journal.unnes.ac.id/artikel_sju/jnfc/3736, diakses 16 Oktober 2016).

Borg, W. R. & Damien Gall Meredith. 1983. Educational Research: an Intrpduction, Third Education. Longman. New York.

Hasan, F. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Trasformatif untuk Program Pembinaan Karang Taruna. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Mezirow, J,. dkk. 2003. Learning as Transformation: Critical Perspective of a Theory in progress. San Fransisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 tahun 2013 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Non Formal

Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2010 tentang Pedoman Dasar Karang Taruna

Sawitri dan Kisworo. 2014. Partisipasi Pemuda Dalam Program Karang Taruna Desa (Studi pada Pemuda di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang Kecamatan Ambarawa). (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jnfc, diakses 14 Oktober 2016).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Cutra Umbara.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yuyum Sistim Ilmi, Zulkarnain Zulkarnain, Umi Dayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License