PENGEMBANGAN BOOKLET KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI (KRPL) UNTUK SANTRI EKOPESANTREN LOMBOK TENGAH

Najah Sholehah, Mimien Henie Irawati, Sueb Sueb

Abstract


This research was aimed to result of Sustainable Reserve Food Garden Program (SRFGP) booklet learning media for ecopesantren students are (1) arrange SRFGP booklet for senior high school students in boading house, (2) to test feasibility of SRFGP booklet trough test the validity by material expert, media expert, and environment practitioner, (3) to test practically of SRFGP booklet trough students responses. Research method is  consists of  developmental research a model of ADDIE that have 5 phases are Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. The result showed that material validation from material expert reaches 67.04% to the category of very valid. Validation results of media expert are 93.30% to the category of very valid. Environment practitioner validated it results 88.33% to the category of very valid, students responses to the booklet in small group trials results 98.82% to the category of very valid. The conclusion of this research SRFGP booklet is feasible and practice to implement for learning media for ecopesantren students in central Lombok.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran booklet program Kawasan Rumah Pangan Lestari untuk santri ekopesantren, yaitu (1) menyusun booklet KRPL untuk santri MA Pondok Pesantren, (2) menguji kelayakan booklet KRPL melalui uji validasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi lingkungan,  dan (3) menguji kepraktisan booklet KRPL melalui uji coba pendahuluan oleh santri. Metode penelitian ini ialah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan booklet dari ahli media sebesar 93,3% dengan kategori sangat valid, ahli materi sebesar 67% dengan kategori cukup valid, dan ahli praktisi lingkungan sebesar 88,3% dengan kategori sangat valid, dan uji pendahuluan sebesar 98,9% dengan kategori sangat valid. Kesimpulan dari penelitian ini ialah booklet KRPL sangat layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran santri di Ecopesantren Lombok Tengah.


Keywords


media development; booklet; Kawasan Rumah Pangan Lestari; pengembangan media; booklet; Kawasan Rumah Pangan Lestari

Full Text:

PDF

References


Adnyana, P.B., & Citrawati, D.M. 2011. Keefektifan Buklet Edukatif Tematik (BET) sebagai Media Pembelajaran Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. 5 (3).

Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Al Muhdhar, M.H.I. 2016. Laporan Buku Pedoman Pengembangan Kampung Organik. Laporan Penelitian tidak diterbitkan. Malang: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science + Business Media, LLC.

Desfandi, M. 2015. Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan melalui Program Adiwiyata. Sosial Science Jurnal. 2 (1):31—37.

Diab, G. M, & Mabrouk, S.M. 2015. The effect of Guidance Booklet on Knowledge and Attitudes of Nurses Regarding Disaster Preparedness at Hospitals. Journal of Nursing Education and Practice. 5 (9):17—31.

Efendi, F., & Makhfudli. 2009. Keperawatan Kesehatan Komunitas: Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba.

Ferdiana. 2016. Pengembangan Booklet Program Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Pengaruhnya terhadap Pengetahuan Lingkungan, dan Sikap Peduli Lingkungan Masyarakat di Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Hagey, A., Rice, S & Fluornoy, R. 2012. Growing Urban Agriculture: Equitable Strategies and Policies for Improving Acces to Healthy Food and Revitalizing Communities. New York: Policy Link.

Hapsari, C. M. 2013. Efektivitas Komunikasi Media Booklet “Anak Alami, sebagai Media Penyampaian Pesan Gentle Brithing Service. Jurnal E-komunikasi Pengantar Study Ilmu Komunikasi. 1 (3): 273.

Imtihana, M., Martin, F. P., & Priyono, H. B. B. 2014. Pengembangan Buklet Berbasis Penelitian Sebagai Sumber Belajar Materi Pencemaran Lingkungan di SMA. Unnes Journal of Biology Education. 3 (2):186—192.

Kementerian Pertanian. 2012. Pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Jakarta.

Machfoedz, I., & Suryani, E. 2006. Pendidikan Kesehatan Bagian dari Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Fitramaya.

Mahendra, K., & Sudarmin. 2015. Pengembangan Booklet Etnosains Fotografi Tema Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa SMP. Unnes Science Education Journal. 4 (2).

Mardiana. 2016. Pengembangan Modul Program Kawasan Rumah Pangan Lestari Berbantuan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMPN 18 Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Masyhud, S., Khusnurdilo. M., Mastuki. S. Mulyono., & Syafe’i. I. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Siberman, M. L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia.

Wahyudi, B. S. 2016. Pengembangan Video Program Kawasan Rumah Pangan Lestari dan Pengaruhnya terhadap Pengetahuan Lingkungan, dan Motivasi Masyarakat di Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Najah Sholehah, Mimien Henie Irawati, Sueb Sueb

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License