RESPONS SISWA KELAS VII TERHADAP PEMBELAJARAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVA SI DENGAN MEDIA VIDEO PENGETAHUAN

Nina Septia Rahmawati, Anang Santoso, Kusubakti Andajani

Abstract


Learning Text Reports Observation with Media Video Knowledge has been implemented by one of Indonesion teachers in class in VII SMPN 19 Malang. To knows student responce on learning text reports observation with media video knowledge has been implemented, the student gived  Questionnaire. The purpose of the questionnaire is to determine the response of students to the use of video media knowledge in text learning reports the results of observation. The method used in this research is descriptive qualitative that is describe student response based on answer questionnaire. Based on the questionnaire responses from the four classes taught by the teacher concerned, it can be concluded that more students are claiming that the observational text of the observation report with the video media is good knowledge (B). There are also some minority students who stated quite well (C). The result of student questionnaire answers can be used as a reflection material for teachers to improve the quality of the next learning.

Pembelajaran teks laporan observasi dengan media video pengetahuan telah dilaksanakan oleh salah satu guru Bahasa Indonesia di kelas VII SMPN 19 Malang. Untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan, siswa diberi angket. Tujuan dari pemberian angket tersebut adalah untuk mengetahui respons siswa terhadap penggunaan media video pengetahuan dalam pembelajaran teks laporan hasil observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan respons siswa berdasarkan jawaban angket. Berdasarkan jawaban angket dari empat kelas yang diajar guru yang bersangkutan dapat disimpulkan bahwa lebih banyak siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan media video pengetahuan baik (B). Ada juga beberapa minoritas siswa yang menyatakan cukup baik (C). Hasil jawaban angket siswa tersebut dapat dijadikan bahan refleksi bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya.


Keywords


response; learning; text reports observation; media video knowledge; respons; pembelajaran; teks laporan hasil observasi; media video pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Anderson, M. & Anderson, K. 2003. Text Type in English 1. Melbourne Maccmillan Education Australia Pty Ltd.

Yanuar, A. 2015. Rahasia Jadi Guru Favorit-Inspiratif. Yogyakarta: Diva Press.

Betty. 2015. Pembelajaran Menulis Cerpen Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP. Tesis tidak diterbitkan. Malang:

Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Budiyono, H. 2004. Pengajaran Menulis di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Kajian di SLTP Nusa dan SLTP Bangsa.

Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Chatib, M. 2011. Gurunya Manusia. Bandung: Kaifa.

Creswell, J.W. 2009. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

Mixed). Diterjemahkan oleh Achmad Fawaid. 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dick, Walter., Lou, Carey., Carey, James, O. 2009. The Systematic Design of Instruction. Australia: Pearson Education Pty Ltd.

Hatch, J. A. 2002. Doing Qualitative Research in Education Settings. New York: State University of New York Press.

Idris, M & Marno. 2014. Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Majid, A. 2012. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. E. 2015. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muluk, A. 2003. Penerapan Pendekatan Integratif dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas II SLTP Negeri

Baolan Tolitoli. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Metode & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Priyatni, E. T. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahadi, A. 2003. Media Pembelajaran. Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Sadiman, A. S. 2005. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Permedikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum

Smaldino, E. Sharon., Lowther, Deborah. L., & Russel, James. D. 2011. Instructional Technology & Media for Learning

(Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar). Diterjemahkan oleh Arif Rahman. 2011. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Sukirman & Riyana. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana

Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Nina Septia Rahmawati, Anang Santoso, Kusubakti Andajani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 3” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated December 7, 2022, No: 225/E/KPT/2022, effective for five years from Volume 7 Issue 8, 2022 until Volume 12 Issue 7, 2027. Link to download


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal of Education: Theory, Research, and Development

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License