UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DAN QUICK ON THE DRAW

Sepharyanto Sepharyanto, Cholis Sa’dijah, Ery Tri Djatmika

Abstract


This article aims to describe the implementation of cooperative learning Take and Give and Quick on the Draw in grade IV SD Jogoyitnan. This research was conducted in two cycles. The results showed that the type cooperative learning Take and Give and Quick on the Draw can improve student learning outcomes class IV SD Jogoyitnan. Results completeness study before action is taken by 30.43% increased in the first cycle to 82.6% and the second cycle increased to 91.3% by KKM 75.

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dan Quick on the Draw pada siswa kelas IV SD Jogoyitnan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dan Quick on the Draw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Jogoyitnan. Ketuntasan Hasil belajar sebelum dilakukan tindakan sebesar 30,43% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 82,6% dan pada siklus II sebesar  91,3% dengan KKM 75.


Keywords


learning outcomes; thematic learning; take and give; quick on the draw; hasil belajar; pembelajaran tematik; take and give; quick on the draw

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ginnis, P. 2008. Trik dan Taktik Mengajar: Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Terjemahan oleh Wasi Dewanto. 2008. Jakarta: PT. Indeks.

Gull, F., & Shehzad, S. 2015. Effects of Cooperative Learning on Students’ Academic Achievement”. (Online), 9 (3):246—255, (http://Journal of Education and Learning, diakses 25 Juli 2016).

Kemendikbud. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian. Jakarta: Kemendikbud.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sa’dijah, C. 2007. Sikap Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Perempuan dengan Menggunakan Pembelajaran Matematika Konstruktivisme. Jurnal MIPA, 36 (1):133—146.

Sa’dijah, C. 2011. Kemampuan Partisipasi dan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Matematika Beracuan Kontruktivis dengan Setting Kooperatif. Prosiding Semnastika-Unesa “Matematika Membangun Insan Kritis dan Kreatif”, Surabaya 22 Oktober 2011 ISBN No 978-979-028-417-3.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Subanji. 2013. Revitalisasi Pembelajaran Bermakna dan Penerapannya da¬lam Pembelajaran Matematika Se¬kolah. Proseding Seminar Na¬si¬¬onal J-TEQIP 2011.

Sudjana, N. 2011. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suraya, K. R. 2014. Pembelajaran Tematik Integratif dan Pengaruhnya terhadap Akhlak Kelas IV SD Negeri Cebongan Yogyakarta. (Online), (http://digilib.uin-suka.ac.id, diakses 25 April 2016).

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i4.9863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sepharyanto Sepharyanto, Cholis Sa’dijah, Ery Tri Djatmika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License