PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING BERSUMBER BELAJAR LINGKUNGAN LOKAL PESISIR PANTAI BAJOE

Maulidin Alwi, Ibrohim Ibrohim, Dahlia Dahlia

Abstract


This research aimed to develop guided inquiry-based learning instruments on environment change material that was based on local coast learning resources that could improve students’ scientific skill and achievement. The learning instruments developed were a syllabus, lesson plans, assessment instruments, and student worksheets. This research employed Borg and Gall’s development model. Expert validation and readability test showed that the products were valid and did not need any revision. The students’ achievement on scientific skill belonged to the categories of good and very good, and their completion achievements were above 75%. Their response belonged to the categories of positive and very positive. As the result, it could be concluded that the learning instruments developed in this research were able to improve the students’ scientific skill and achievement.

Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran materi perubahan lingkungan berbasis inkuiri terbimbing bersumber belajar lingkungan lokal pesisir pantai yang dapat meningkatkan keterampilan ilmiah dan hasil belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, instrumen penilaian, dan LKS. Model pengembangan yang digunakan mengadaptasi model Borg and Gall. Hasil validasi ahli dan uji coba keterbacaan mencapai kategori sangat valid sehingga tidak perlu direvisi. Pencapaian nilai untuk keterampilan ilmiah siswa pada kategori baik dan sangat baik dan hasil belajar siswa tuntas diatas 75%. Respon siswa pada kategori positif dan sangat positif. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan ilmiah dan hasil belajar siswa.


Keywords


learning development; guided inquiry; local coast; scientific skill; achievement; pengembangan pembelajaran; inquiri terbimbing; lingkungan local; pesisir pantai; keterampilan ilmiah; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Amin, M., Chandra, W., M. Sulastri. & Sumartini. 2006. Panduan Pengembangan Bahan Ajar IPA. Malang: Direktorat Pembinaan SMP.

Bell, R.L., Smetana, L., & Binns, I. 2005. Simplifying Inquiry Instruction. The Science Teacher Journal, 72 (7):30—33.

Borg, W.R & Gall, M.D. 1983. Educational Research: An Introduction. London: Longman. Inc.

Carin, A.A. 1993. A Teaching Science Through Discovery. New York: Merril, An Imprint of Macmillan Publishing Company.

Daryanto & Dwicahyono, A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Depdiknas. 2006. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran IPA. Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Umum.

Devi, P.K, Sofiraeni, R., & Khairuddin. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Guru SMP. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk Program Bermutu.

Hake, R. R. 2008. Analyzing Change/Gain Scores. California. Dept of Physic Indian University.

Hendarwati, E. 2013. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar melalui Metode Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa SDN 1 Sribit Delanggu pada Pelajaran IPS. Jurnal Pedagogia, 2 (1):59—70.

Kemendikbud. 2013. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kemendikbud RI.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kustanti, W.D. 2013. Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi Kelas XI–IPS 3 di SMAN I Lawang Kabupaten Malang, (Online), (http:// library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=62480, diakses 20 Juni 2015).

Llewellyn, D. 2013. Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation. USA: Corwin Sage Company.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Nieveen, N., Akker, D. V. J., Branch, M.R., Gustafson, K., & Plompt, T. 1999. Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht/ Boston/London: Kluwer Academic Publishers.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Kemendiknas.

Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: Depdikbud.

Permendikbud Nomor 69 tahun 2013 tentang Struktur Kurikulum SMA. Jakarta: Depdikbud.

Poerwati, L.E. & Amri, S. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Smaldino, E. S., Lowther, L.D., & Russel, D.J. 2008. Instructional Technology and Media for Learning. Ninth Edition. New Jersey: Person Prentice Hall.

Sudarma, I. K. 2006. Pengembangan Paket Pembelajaran dengan Model Dick & Carey Matakuliah Pengembangan Media Pendidikan II Program S1 Teknologi Pendidikan IKIP Negeri Singaraja. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sutman, F.X., J.S., Schmuckler, J.D., & Woodfield. 2008. The Science Quest: Using Inquiry/Discovery to Enhance Student Learning. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widyaningrum, D. A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ekosistem dengan Metode Inquiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Kontekstual untuk Mengembangkan Keterampilan Kerja Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 26 Malang Kelas VII Semester 2. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Maulidin Alwi, Ibrohim Ibrohim, Dahlia Dahlia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License