AKTIVITAS BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE MELALUI LESSON STUDY PADA KELAS V SD

Dewi Nuraeni, Sugeng Utaya, Sa’dun Akbar

Abstract


This article aims to describe the implementation of learning Inside-Outside Circle (IOC) through Lesson Study (LS). IOC learning implementation is important in maximizing the learning activities of students during the learning process. The data collection method in this research using LS combined with Action Research (PTK). LS activity held in SDI Surya Buana at VA-grade students which has 24 total students. Data is taken from the result of student learning activity observation during the learning process. The results showed that (1) the student's activity can be optimized by the IOC learning model with more mature planning and preparation and (2) LS activity may contributes to the teacher to develop better learning activities.

Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Inside-Outside Circle (IOC) melalui kegiatan Lesson Study (LS). Pelaksanaan pembelajaran IOC penting dalam memaksimalkan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Metode pengambilan data pada penelitian ini menggunakan LS dipadu dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan LS diadakan di SDI Surya Buana pada siswa kelas VA dengan jumlah siswa 24. Data yang diambil adalah data hasil observasi aktivitas belajar siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas siswa dapat lebih optimal dengan model pembelajaran IOC dengan perencanaan dan persiapan yang lebih matang dan (2) kegiatan LS dapat memberikan kontribusi bagi guru dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran yang lebih baik.


Keywords


lesson study; inside-outside circle; learning process; lesson study; inside-outside circle; proses pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adrian, Y., I Nyoman Sudana Degeng & Sugeng Utaya. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif STAD terhadap Retensi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, (Online), 1 (2):222—226, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/viewFile/6125/6098, diakses 19 Maret 2017).

Ardani., Sugeng Utaya., & Budijanto. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Service Learning terhadap Hasil Belajar Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, (Online), 1 (11):2145—2151, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/viewFile/7977/9943, diakses 19 Maret 2017).

Bandarusin., Sugeng Utaya., & Budijanto. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Proses dan Hasil Belajar Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, (Online), 1, (12):2292—2299, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/viewFile/8229/10398, diakses 19 Maret 2017).

Hayati, W. I., Sugeng Utaya., & I Komang Astina. 2016. Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, (Online), 1 (3):468—474, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/viewFile/6174/6189, diakses 19 Maret 2017).

Hayumuti., Herawati Susilo., & Susriyati Mahanal. 2016. Penggunaan Multimedia CD Interaktif dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA tema Selalu berhemat Energi di Kelas IV SD Klanderan Kediri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, (Online), 1 (7):1437—1441, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/viewFile/6591/7008, diakses 20 Maret 2017).

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kagan, S. 1989. The Struktural Approach to Cooperative Learning. Educational Leadership,12 hlm 14 (Online) dalam The Association for Supervision and Curriculum Development (http://www.ascd.org/ASCD/pdf/journals/ed_lead/el_198912_kagan.pdf, diakses 2 September 2016).

Kagan, S. 1995. We can Talk: Cooperative Learning in the Elementary ESL Classroom. Eric Digest, hlm 3, (Online), dalam Eric Development Team (http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED382035.pdf, diakses 2 September 2016).

Khofiatun., Sa’dun Akbar., & M. Ramli. 2016. Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, (Online), 1 (5):984—988, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/viewFile/6336/6498, diakses 20 Maret 2017).

Marhamah. 2015. Pengembangan Pembelajran Lingkungan Hidup Model Problem Based Learning Dipadu Group Investigation melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, dan Sikap terhadap Lingkungan pada Mahasiswa STKIP Hamzanwadi Selong. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Murtiani, F. A., & Wulan, R. 2012. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lesson Study dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika di SMP Negeri Kota Padang. JPPF, (Online), 1—12, (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/597/516, diakses 21 November 2016).

Saefuddin, A., & Ika, B. 2015. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Setiawan, R. 2014. Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar IPS dengan Penerapan STAD bermedia video dan STAD Nonvideo. Jurnal Pendidikan Humaniora, (Online) 2 (2):112—117, (http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/viewFile/4450/932, diakses 20 Maret 2017).

Sholihah, M., Sugeng Utaya., & Singgih Susilo. 2016. Efektivitas Pengaruh Model Experiential Learning terhadap Kemampuan Berpikir Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, (Online) 1 (11):2096—2100, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/viewFile/7869/9628, diakses 14 Maret 2017).

Subanji., Isnandar., Santoso, A., Hidayanto, E., Sutopo., Sutadji, E., & Suharyadi. 2015. TEQIP Model Pengembangan Keprofesionalan Guru Kreatif, Inovatif, Bermakna, & Berkarakter Terintegrasi dalam Lesson Study. Malang: Universitas Negeri Malang.

Susanto, J. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study dengan Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA di SD. JPE, (Online), 71—77, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/download/785/811, diakses 21 November 2016).

Syamsuri, I., & Ibrohim. 2008. Lesson Study (Studi Pembelajaran) Model Pembinaan Pendidik secara Kolaboratif dan Berkelanjutan; dipetik dari Program SISTTEMS-JICA di Kabupaten Pasuruan-Jawa Timur (2006—2008). Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Ulfah, K.R., Anang Santoso., & Sugeng Utaya. 2016. Peran Metode Peer Tutoring untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran. Artikel disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2016, Pascasarjana UM, Malang, 24 Mei.

Widhiartha, PA., Sudarmanto, D. & Ratnaningsih, N. 2008. Lesson Study sebuah Upaya Peningatan Mutu Pendidik Pendidikan Nonformal. Surabaya: Guna Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Dewi Nuraeni, Sugeng Utaya, Sa’dun Akbar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License