PENGARUH PENGGUNAAN METODE GUIDED INQUIRY DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KELAS V

Heri Susanto, Cholis Sa’dijah, Muhana Gipayana

Abstract


The research aims to determine the effect of use of guided inquiry method and thinking stlye on cognitive learning outcomes of classroom at 5th grade elementary school. The design of this research used a quasi-experimental design factorial 2x2. Research was conducted in the 5th grade students of SD Al Azhar Syifa Budi Solo It’s consist of 106 students devide into four class. Sampel of research is eksperimen group as an guided inquiry method and control goup as an ekspositori method. The data collection by achievement test for learning outcomes and questionnaire to devide thinking style. Analysis of learning outcomes data using ANAVA two ways with IBM SPSS 24. The analysis showed (1) there were significant differences in learning outcomes among group of students that learned using guided inquiry method and group of students that learned using ekspositori method, (2) there were significant differences in learning outcomes among student with konvergen style and student with divergen style, and (3) there were interaction among learning method and thinking style on student learning outcomes of 5th grade.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode guided inquiry dan gaya berpikir terhadap hasil belajar kognitif di kelas V SD. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain factorial 2x2. Populasinya adalah siswa kelas V SD Al Azhar Syifa Budi Solo yang berjumlah 105 siswa yang terbagi menjadi 4 kelas. Sampel penelitian diambil secara acak dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan perlakukan metode guided inquiry dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan metode ekspositori. Pengumpulan data dengan teknik tes untuk hasil belajar kognitif dan angket untuk membedakan gaya berpikir. Analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalur dengan menggunanakan software IBM SPSS 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar kognitif antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode guided inquiry dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode ekspositori, (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang memiliki gaya berpikir konvergen dengan siswa yang memiliki gaya berpikir divergen, dan (3) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya berpikir terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V.


Keywords


guided inquiry method; thinking style; learning outcomes; metode guided inquiry; gaya berpikir; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2009. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Briggs, J. B., & Phillip J. Moore. 1993. The Process of Learning. Sidney Australia: Prentice Hall.

Depdiknas. 2014. Permendikbud No.103 tahun 2014 tentang Lampiran Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. (Online), (http://www.guru-id.com/2016/07/permendikbud-terbaru-tentang-pedoman.html, diakses 17 Oktober 2016).

Elliott, S.E.et.al., 2000. Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. 3th edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Gagne, R.M & Driscoll, M.P. 1988. Essensial of Learning for Instruction. New Jersey: Prentice Hall.

Gipayana, M. 2004. Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Konteks Pembelajaran Menulis di SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11 (1):1—12.

Gulo, W. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Hanson, D. M. 2006. Instuctor’s Guide to Process-Oriented-Guided-Inquiry Learning. Lisle, IL: Pacific Crest.

Haryanto. 2015. Pembelajaran Konstruktivistik Meningkatkan Cara Berpikir Divergen Siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8 (1):36—43.

Hilman. 2014. The Effect of Guided Inquiry Learning with Mind Map to Science Process Skills and Learning Outcomes of Natural Sciences. (Online), Tahun 32, Nomor 3, November 2013, (http://journal.uny.ac.id, diakses 15 Oktober 2016).

Heather, B & Bell, R. 2008. The Many Levels of Inquiry. National Science Education. Washinton, DC: National Academy Press.

Joyce, B., & Weil, M. 1986. Models of Teaching. New Jersey: Prentice Hall, Inc., Englewood Cliffs.

Khery, Y. 2015. Kesadaran Metakognitif, Proses Sains, dan Hasil Belajar Kimia Siswa Divergen dan Konvergen dalam PBL. Jurnal Pendidikan Sains, (Online), 4 (1):343—351, (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/view/4183/838, diakses 13 Oktober 2016).

Kurniawan. 2013. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 10 (1):36—46.

Majid, A. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Meilani, R. 2014. Pengaruh Metode Guided Discovery Learning terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi. (Online), Volume 1, Nomor 4, Desember 2014, (http://journal.uns.ac.id, diakses 15 Oktober 2016).

Munandar, U. 2002. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution. 2011. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurrohmah. 2013. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Ranah Koqnitif ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. (Online), Tahun 2008, Nomor 40, Agustus 2008 (http://Spingerlink.com, diakses 13 Oktober 2016).

Riding, R., & Rayner, S. 2012. Understanding Style Differences in Learning and Behavior. New York: Routledge.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sa’dijah, C & Iskandar, S. 2003. Persepsi dan Pengetahuan Guru Kelas-Kelas Awal Sekolah Dasar di Jawa Timur terhadap Pembelajaran Terpadu dalam Bidang MIPA. Jurnal Penelitian Kependidikan, 13 (1):15—28.

Sa’dijah, C & Wahyuningsih, S. 2004. Pembelajaran Matematika yang Berbasis Pendekatan Problem Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SLTP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran FMIPA Universitas Negeri Malang, 11 (2):39—48.

Sa’dijah, C. 2009. Unjuk Kerja Mahasiswa Peserta”Teaching Junior Secondary Mathematics in English” dalam Membelajarkan Matematika Berbahasa Inggris Berbantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran FMIPA Universitas Negeri Malang, 16 (2):171—179.

Sukma, Q. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Saintifika, 18 (1):59—73.

Sumarniti. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD di Kecamatan Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. (Online), (http://jurnal.fmipa.unila.ac.id, diakses 20 Oktober 2016).

Sunaryo. 2011. Pengaruh Cara Berpikir dan Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika. (Online), (2):79—85, (http://jurnal.undiksa.edufile, diakses 13 Oktober 2016).

Surjadi. 2012. Membuat Siswa Aktif Belajar (73 Cara Belajar Mengajar dalam Kelompok). Bandung: Mandar Maju.

Sutirjo, M. 2005. Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2013. Malang: Banyumedia Publishing.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Progress Kencana Press.

Widowati, A. 2010. Peningkatan Kemampuan Divergent Thinking dengan Menerapkan Modified Free Inquiry dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 11 (1):118—127.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Heri Susanto, Cholis Sa’dijah, Muhana Gipayana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JPtpp is accredited “Rank 2” as a scientific journal under the decree of the Directorate General of Research Enhancement and Development, Ministry of Research, Technology, and Higher Education, dated October 24, 2018, No: 30/E/KPT/2018, effective for five years from Volume 3 Issue 1, 2018 until Volume 7 Issue 8, 2022.


Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan

Journal Of Education

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPtpp is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License