Kebutuhan Materi Ajar Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Menurut Pemelajar

Sri Hapsari Wijayanti, Maria Magdalena Triwarmiyati, Heru Prasadja

Abstract


Abstract: Many researchers have reported about the lack of formal written students competence’s at universities. They have not good written in bahasa Indonesia yet, but on the other hand they must to study academic writing also. This makes them difficult. This study aims to know what is the difficult subjects by students. The subjects include aspects of language, types of academic writing, forms of reading reproduction, and technique of references. From data collected by questioners towards 212 respondents at UAJ and UMB and interview to lecturers and respondents, this study found that respondents feel difficult and need deeper study for dictions, spelling, sentences, paragraphs (especially exposition), and punctuation for aspects of language; research proposal for the types of academic writing; writing syntheses and abstract for the types of reading reproductions; writing citations, references, and footnotes for the techniques of reference.


Abstrak: Banyak hasil penelitian melaporkan kurangnya kemampuan berbahasa Indonesia tulis baku bagi pemelajar di perguruan tinggi. Sementara belum mahir dalam menggunakan bahasa Indonesia tulis baku, pemelajar bahasa Indonesia di perguruan tinggi dihadapkan pada tuntutan untuk mampu menguasai teknik menulis ilmiah. Hal ini menambah kesulitan tersendiri. Penelitian ini hendak mengungkap materi ajar yang dianggap sulit bagi pemelajar bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Materi ajar mencakup aspek bahasa, jenis karya ilmiah, bentuk reproduksi tulisan, dan teknik penulisan acuan. Dari pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner kepada 212 mahasiswa di UAJ dan UMB serta wawancara dengan pengajar dan responden, ditemukan bahwa materi ajar yang dianggap sulit dan dibutuhkan responden untuk dipelajari lebih mendalam adalah diksi, ejaan, kalimat, paragraf (khususnya eksposisi), dan tanda baca untuk aspek bahasa; proposal penelitan untuk jenis karya ilmiah; menyusun sintesis dan abstrak untuk bentuk reproduksi tulisan; menulis referensi, daftar acuan, dan catatan kaki untuk teknik penulisan acuan.

Keywords


subject, learning media, bahasa indonesia, materi ajar, media pembelajaran, bahasa indonesia

Full Text:

Full Text