Pengaruh Pelatihan Soft Skills terhadap Tingkat Self Esteem Mahasiswa

Paulus Aditya Budidarma, Elisabeth Rukmini

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelatihan soft skills “One Day CV Writing and Mock Interview” terhadap tingkat self esteem dan pendapat mahasiswa FKUAJ tentang self esteem. Studi serial potong lintang dilakukan terhadap 28 mahasiswa peserta pelatihan. Data kuantitatif diperoleh melalui pengisian Rosenberg Self Esteem Scale (RSES). Data kualitatif dari focus group discussion dengan pemilihan 8 peserta berdasarkan keaktifan partisipan. Data kuantitatif dianalisis menggunakan tes Friedman, sedangkan kualitatif dengan analisis konten. Perbedaan skor RSES sebelum dan setelah mengikuti pelatihan terbukti signifikan (p=0,003). Perbedaan skor RSES sebelum hingga dua minggu setelah pelatihan tidaklah bermakna. Hasil analisis kualitatif menunjukkan: responden mengalami peningkatan self esteem setelah mengikuti pelatihan, terdapat pengaruh tingkat dan efek self esteem terhadap kinerja, sikap dan kesempatan hidup. “One Day CV Writing and Mock Interview” merupakan contoh pelatihan yang terbukti meningkatkan self esteem mahasiswa.


Keywords


self esteem, pelatihan soft skills

Full Text:

Full Text