ILMU PENDIDIKAN
Open Journal Systems
Journal Help
User
Username
Password
Remember me
Language
Select Language
English
Bahasa Indonesia
Journal Content
Search
Search Scope
All
Authors
Title
Abstract
Index terms
Full Text
Browse
By Issue
By Author
By Title
Other Journals
Font Size
Information
For Readers
For Authors
For Librarians
Home
About
Login
Search
Current
Archives
Home
>
Vol 23, No 2 (1996)
>
Sumanto
Ketersediaan Media Belajar dan Intensitas Pemanfaatannya dalam Pengajaran Kerajinan Tangan Berdasarkan Kurikulum 1994 di Sekolah Dasar
Sumanto Sumanto, Muhammad Syafrawi, I Made Seken
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan media belajar dan intensitas pemanfaatannya dalam pengajaran Kerajinan Tangan menurut Kurikulum 1994 di SD. Sampel diambil secara rambang sebanyak 19 kepala sekolah dan 40 guru kelas I dan IV dari 20 SD Negeri di Kecamatan Karangploso Malang. Data dikumpulkan dengan angket dan wawancara. Analisis dilakukan dengan statistik persentase. Ditemukan bahwa media belajar kerajinan relatif tersedia cukup memadai menurut kebutuhan dan jenisnya, kecuali buku sumber kerajinan dan model kerajinan, dan bahwa sebagian besar jenis alat kerja dan bahan kerajinan telah dimanfaatkan secara efektif meskipun intensitasnya bervariasi.