PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN FASILITAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Mega Anastasia Widyati, Bety Nur Achadiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang. Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas XI dan XII Akuntansi SMK Arjuna 2 Malang  dengan 36 responden. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa tentang pemanfaatan fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa akuntansi; dan (2) Terdapat pengaruh positif antara persepsi siswa tentang motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa akuntansi. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) Pihak sekolah hendaknya meningkatkan fasilitas belajar di sekolah; (2) guru hendaknya memberikan bimbingan dan motivasi kepada anak didiknya agar lebih memanfaatkan fasilitas belajar yang tersedia di sekolah; dan (3) bagi penelitian selanjutnya hendaknya mengkaji faktor-faktor lain yang berpengaruh dengan prestasi belajar yang belum diungkap dan dibahas dalam penelitian ini.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2012 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional