PENGEMBANGAN BUKU AJAR AKUNTANSI BERBASIS INTEGRASI-INTERKONEKSI UNTUK KELAS XI IPS DI MAN 3 MALANG

Fikryyah Dwi Cahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar akuntansi berbasis integrasi-interkoneksi sebagai alternatif bahan ajar untuk guru dan siswa kelas XI IPS di MAN 3 Malang serta mengetahui efektivitas penggunaan buku ajar akuntansi berbasis integrasi-interkoneksi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu dan memodifikasi prosedur pengembangan Borg and Gall. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket dan tes serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji t (paired-samples t test). Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan rata-rata persentase kelayakan buku ajar sebesar 86.71%. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil uji t (paired-samples t test) diketahui terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa buku ajar akuntansi berbasis integrasi-interkoneksi yang menandakan bahwa buku ajar berpengaruh efektif.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v2i2.6059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional