PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN PETA PIKIRAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA

M. Hasib

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw yang dipadukan dengan peta pikiran. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MA Al-Ula Ambat Tlanakan Pamekasan yang berjumlah 37 siswa. Data motivasi belajar siswa diperoleh melalui observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat disarankan bahwa guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta pikiran pada pokok bahasan yang lain (selain akuntansi dan sistem informasi) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v2i2.6061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional