IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

Anggi Atma Bagus Satria

Abstract


Cakupan materi dalam mata pelajaran akuntansi cukup komplek dan terdiri dari bermacam-macam jenis materi dengan tingkat kedalaman dan kesulitan yang berbeda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa pada materi penyusunan laporan keuangan serta mengetahui pada jenis materi apakah terdapat kesulitan tertinggi. Dalam penelitian ini, materi akan diklasifikasikan ke dalam materi jenis fakta, konsep, prinsip dan prosedur. Penelitian menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instumen tes dan pedoman wawancara. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelahaan data, tahap identifikasi dan klasifikasi, dan tahap penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh lima kesimpulan yaitu: (1) pada materi membukukan jurnal penyesuaian, jenis materi yang paling sulit adalah jenis materi konsep, kemudian jenis materi prinsip; (2) Pada materi menyusun laporan keuangan, jenis materi yang paling sulit adalah jenis materi konsep, kemudian jenis materi prosedur; (3) Pada materi membukukan jurnal penutup, jenis materi yang paling sulit adalah jenis materi konsep, kemudian jenis materi prinsip ; (4) Pada materi menyusun daftar saldo setelah penutupan hanya terdapat satu jenis materi yaitu konsep dengan tingkat kesulitan rendah. Disarankan agar guru melakukan pembimbingan kembali untuk jenis materi tersulit dan penguatan untuk tingkat kesulitan yang lebih rendah. 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v2i3.6065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional