PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM KERANGKA LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA

Imam Baidillah, Anita Srie Utami M

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan metode PBL dalam kerangka lesson study dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Negeri 1 Malang berjumlah 36 siswa. Selama pelaksanaan PBL dilakukan observasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa oleh 5 anggota tim lesson study. Untuk melihat hasil belajar siswa pada aspek kognitif dilakukan tes tertulis dengan soal berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dalam kerangka lesson study dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v2i4.6074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Journal of Accounting and Business Education



This Journal Indexed by:

            

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional