MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KREATIFITAS SISWA MELALUI COLLABORATIVE LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kreatifitas siswa dalam pembelajaran akuntansi dengan model collaborative learning pada siswa kelas XI IPS 5 SMAN 6 Kediri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah proses pembelajaran akuntasnsi pada kelas XI IPS 5 SMAN 6 Kediri dan subjek dari penelitian adalah semua siswa yang ada di kelas tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yakni siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan (menggunakan collaborative learning), siswa diberi tes pra-tindakan. Pada akhir tiap siklus, diberikan posttest. Temuan yang didapatkan adalah bahwa pembelajaran akuntansi dengan collaborative learning dapat berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan aktivitas dan kreatifitas siswa.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26675/jabe.v2i4.6077
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Journal of Accounting and Business Education
This Journal Indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.