Pengaruh Konteks Visual terhadap Pemahaman Wacana Murid Sekolah Dasar

Sri Indrawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konteks visual terhadap pemahaman wacana. Penelitian ini menggunakan metode experimen, dengan rancangan kelompok uji-pasca saja (Posttest-Only Control Group Design). Pada kelas eksperimen, siswa diberi konteks visual sebelum membaca, sedangkan kelas kontrol tidak diberi konteks visual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman wacana siswa yang diberi konteks visual adalah lebih tinggi daripada siswa yang tidak diberi konteks visual. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahawa pemberian konteks visual sebelum membaca memberikan pengaruh penting dalam pemahaman wacana

Keywords


Konteks visual, pemahaman wacana

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v3i3.1728

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats