Peningkatan Kesiapan Guru dalam Mengintegrasikan Pendidikan Lingkungan Hidup di Tingkat Pendidikan Dasar melalui Penyiapan Modul

Istamar Syamsuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) guna meningkatkan kesiapan guru dalam mengintegrasikan PLH ke dalam mata pelajaran di SD dan SMP. Ada tiga tahapan penelitian. Tahap eksplorasi bertujuan mendapatkan gambaran pelaksanaan pengajaran PLH selama ini. Tahap eksperimentasi bertujuan menguji keefektifan modul. Tahap evaluasi bertujuan mengevaluasi modul. Eksplorasi dilakukan di SD dan SMP se-Jawa, dengan menyebarkan angket. Eksperimen dilaksanakan di Jawa Timur dengan rancangan Prates-Pascates Rambang Tiga Kelompok. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa guru SD dan SMP belum siap mengintegrasikan PLH yang disusun cukup dapat diandalkan

Keywords


PLH, pendidikan dasar, PLH terintegrasi, kesiapan guru

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jip.v3i3.1741

Free counters!Creative Commons LicenseCheck Google PageRank
Jurnal Ilmu Pendidikan by Jurnal Ilmu Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.um.ac.id/index.php/jip.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://journal.um.ac.id/index.php/jip. View My Stats