Do Motivation and Competence Influence Civil-Service Lecturers’ Performance and Academic Grade Promotion?

Hanoch Maurizio Hetharia, Illah Sailah, Fredinan Yulianda

Abstract


Abstract: This paper seeks to explore the influence of motivation and competences on civil-service lecturers’ performance and academic grade promotion. It employed descriptive quantitative and qualitative research by distributing questionnaires to 64 civil-service lecturers serving in private universities. It deals with the following academic grade: instructor, assistant professor, and associate professor. Then, the data were analyzed by using descriptive statistics and multiple linear regression with statistical processing program. The results affirm that simultaneously both motivation and competence influence lecturers’ performance.
Key Words: academic grade of lecturer, competence, performance, motivation, regression

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji serta menganalisis pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kinerja dan kenaikan jabatan fungsional dosen PNS. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan metode survei melalui penyebaran kuesioner terhadap 64 orang dosen PNS yang ditugaskan pada perguruan tinggi swasta, dengan kualifikasi jenjang jabatan fungsional Asisten Ahli, Lektor, dan Lektor Kepala. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji regresi berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi pengolah statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen, yaitu motivasi dan kompetensi secara bersama-sama atau simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen, yaitu kinerja dosen PNS. 
Kata kunci: jabatan fungsional dosen, kompetensi, kinerja, motivasi, regresi


Keywords


academic grade of lecturer; competence; performance; motivation; regression

Full Text:

PDF

References


Bangun, W. (2012). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta (ID): Erlangga.

Effiyaldi, E. (2014). Pengaruh pelatihan dan pengembangan dan jabatan fungsional terhadap motivasi berprestasi dosen perguruan tinggi swasta. Dinamika Manajemen, 2(1), 1–9.

Hendriyaldi, H. (2017). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(2), 146–157.

I’tidal, M., & Jam’an, A. (2016). Pengaruh antara kompetensi, kompensasi, motivasi kerja, dan pendidikan terhadap kinerja dosen di STIMIK AKBA Makassar. Competitiveness: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2), 16–30.

Irianto, I. (2015). Pengaruh kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial yang dimilki dosen terhadap hasil belajar mahasiswa (Studi empiris pada STIE AMM Mataram). Bisnis dan Kewirausahaan, 11(1), 46–58.

Kemenpan RB. (2013). Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 tahun 2013 Jo. Nomor 46 tahun 2013 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya. Jakarta (ID): Kemenpan RB.

Kholik, A. (2016). Pengaruh kompetensi dosen dan kepuasan kerja dosen terhadap kinerja Dosen di Universitas Djuanda Bogor (Unpublished doctoral dissertation). IAIN Surakarta, Indonesia.

Lestari, S. R. (2014). Manajemen pengembangan Dosen sebagai upaya meningkatkan mutu Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta. Media Wisata, 12(2).

PH, P. T. (2010). Kompetensi Dosen hubungannya dengan praktik organisasi perguruan tinggi swasta di Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5(9).

Pramudyo, A. (2010). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi kinerja Dosen negeri pada kopertis Wilayah V Yogyakarta. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 1(1), 1–11.

Rahayu, Y. (2013). Pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kinerja Dosen tidak tetap/luar biasa di perguruan tinggi swasta Kota Sukabumi. SNIT 2013, 1(1), 65–77.

Rohmah, N., AY, M. H., & Kusmintardjo, K. (2016). Strategi peningkatan kemampuan Dosen dalam penulisan karya ilmiah (Studi multi kasus pada Unisda dan Staidra di Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1312–1322.

Rosadi, N.A. (2008). Analisis hubungan faktor-faktor motivasi kerja dengan kinerja pegawai Sekretariat Daerah Kabupaten Sukamara Propinsi Kalimantan Tengah (Unpublished master’s thesis). Bogor (ID): IPB, Indonesia.

Roza, M. (2013). Produktivitas Dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tarbiyah al-Awlad, 4(1), 398–407.

Sekretariat Negara. (2005). Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta (ID): Sekretariat Negara.

Sitompul, S. (2017). Pengaruh motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja Dosen STIE XYZ (Unpublished master’s thesis). Bogor (ID): IPB, Indonesia.

Sufianti, A., & Permana, J. (2015). Pengaruh motivasi kerja dan kompetensi profesional terhadap kinerja Dosen di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1).

Trisnaningsih, S. (2011). Faktor-faktor yang memengaruhi kinerja Dosen akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Auditing, 8(1), 83–94.

Wibowo. (2014). Manajemen kinerja. Ed. Rev 4. Jakarta (ID): Rajawali Pers.

Zikmund, WG., Babin, BJ., Carr, JC., & Griffin, M. (2013). Business research methods. 9th Ed. USA: South-Western Cengage Learning.




Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Humaniora

Education Journal Of Social Sciences

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License