Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Drama Tradisional Menggunakan Strategi Pembelajaran Joyfull Bermedia Menara Garasi Kelas VIII

Nuril Oktaviani, Nurchasanah Nurchasanah, Azizatuz Zahro

Abstract


Abstract:  This study aims to improve the skills of writing traditional drama scripts. The problem found during this research is the lack of ability in writing the traditional drama of the students of class VIII-F of SMP Negeri 1 Glagah. This research employed Classroom Action Research method and modeled after Kemmis and McTaggart model. This research was conducted for two cycles. Observation notes, interviews, documentation, and questionnaire as data sources. This research used the Joyful strategy and Menara Garasi. The students’ scores improved from first cycle 62,7 to second cycle 82,6. The joyful strategy improved students' ability to write traditional drama from the process and the final result.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama tradisional. Permasalahan yang terdapat pada pelaksanaan penelitian ini secara umum adalah kurangnya kemampuan siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Glagah dalam pembelajaran menulis drama tradisional. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Peneliti menerapkan strategi joyfull berbantuan menara garasi. Peningkatan nilai siswa siklus 1 adalah 62,7 dan siklus 2 adalah 82,6. Strategi joyfull mampu meningkatkan pembelajaran menulis drama tradisional dari segi proses dan hasil pembelajaran.


Keywords


enhancement; write; traditional plays; joyfull strategy; menara garasi; peningkatan; menulis; drama tradisional; strategi joyfull; menara garasi

Full Text:

PDF

References


Aji, Y. N. W., Suwignyo, H., & Maryaeni, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Memerankan Drama Berbasis Legenda untuk Kelas VII SMP di Daerah Jawa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(9), 1168–1174.

Aqib, Z. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmaniah, Z. (2015). Naskah Drama Rajapati Karangan Ahmad Bakri (Kajian Struktural dan Pragmastilistik). Lokabasa, 6(2), 219–226. https://doi.org/10.17509/jlb.v6i2.3174

Azmussya’ni, & Wangid, M. N. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Menggunakan Pendekatan Proses Dengan Media Gambar di SDN 3 Sakra. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 1–13.

Defina, D. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan Materi Ajar BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 36–51.

Gultom, Y. (2015). Pengaruh Penggunaan Strategi Peta Konsep Melalui Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Limapuluh Tahun Pembelajaran 2014/2015. Tesis Universitas Negeri Medan.

Hayati, I. I. N., Nurhadi, N., & Zahro, A. (2021). Bahan Ajar Menulis Naskah Drama Bermuatan Nilai Toleransi untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(9), 1485–1488.

Juliawati, N. K., Sutama, I. M., Gunatama, G., & Hum, M. (2015). Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi berbasis kearifan lokal pada siswa kelas VII A4 SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).

Karlina, H. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 1(1), 28–35.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner (3 ed.). Victoria: Deakin University.

Kurniawati, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Tipe Kepribadian Materi Soal Cerita Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMP PANCASILA DANDER Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Edutama.

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98–106.

Manshur, R., Suwandi, S., & Suyitno, S. (2018). mplementasi Kurikulum 2013 Revisi 2016 pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot. Indonesian Language Education and Literature, 4(1), 22–35.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyaningsih, I., & Itaristanti. (2018). Pembelajaran Bermuatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia. Indonesian language Education and Literature, 4(1).

Mulyasa. (2006). Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitatif. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 4(1), 59–75.

Permatasari, A. I., Mulyani, B., & Nurhayati, N. D. (2014). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Joyful Learning Dengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(1), 117–122.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72–81.

Syamsuddin, A., Tahir, R., & Munir, A. (2022). Deskripsi Pembekalan Program Pembelajaran Kolaboratif-Partisipatif pada Kegiatan Implementasi Kurikulum Kerjasama MBKM. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 5(1), 16–24.

Wardhani, I. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wiriaatmadja, R. (2007). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yunita, G. F. R., & Anggraini, P. (2020). Existence of Shadow Puppets as a Traditional Drama in Sidoarjo Regency. Jurnal Kata: Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 4(2), 177–189.

Zendrato, J. (2016). Tingkat Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58–73.

Zuhri, M. (2020). Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia Kelas XI: Isi dan Kebahasaan Teks Drama. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Atas.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um011v10i32022p126-163

Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Humaniora

Education Journal Of Social Sciences

Graduate School Of Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License