Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Damar pada Masyarakat Kampung Patipi Pulau Kabupaten Fak-Fak

M. Syukri Nawir, Muhamad Yusuf, Suparto Iribaram, Afan Garamatan, Nining Puji Lestari

Abstract


Abstract: The study's goal was to explain Islamic education ideals in the Damar tradition in Patipi Pulau Village, Fak-fak Regency. It is a qualitative study with a social phenomenological method, involving observations, interviews, and recording utilizing Miles and Huberman's flow model analysis technique. The study's findings: The festiveness of the mosque on the night of Lailatul Qadar is a practice carried out by the community in Patipi Pulau Village by participating in religious rituals together, with delight, such as breaking the fast, offering alms, torch procession, and reading the Qur'an. Volunteerism, which is honesty and refraction, is the basis for alms to mosque administrators. People's lives are affected by high kinship values. Culture and religion come together to produce a sense of community among residents, a sense of solidarity that is raised spontaneously by the community in the practice of traditions. Devotion, charity, alms, al-ukhuwah, Khuluqiyah, al-Masuuliyyah, al-Munfiqun, and friendship are among the Islamic educational ideals taught in the tradition. Mosque administrators carry out their duties and obligations with seriousness since caring for the mosque is a noble responsibility that is passed down from generation to generation or passed down via inheritance. The community retains meaningful traditions (beliefs, knowledge, and habits) as a means of organizing, accepting, and creating subsequent interactions and acts based on common understanding.

Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk menjabarkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi Damar di Kampung Patipi Pulau Kabupaten Fak-fak. Merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologi social, melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan tehnik analisis model alir dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian: Meriahnya Masjid pada malam Lailatul Qadar merupakan pembiasaan yang dilakukan masyarakat di Kampung Patipi Pulau dengan melakukan aktivitas keagamaan bersama, dengan kegembiraannya melalui berbuka puasa, pemberian sedekah, pawai obor, membaca Qur’an. Sedekah pada pengurus Masjid didasarkan kesukarelaan yang merupakan ketulusan serta pembiasan. Nilai-nilai kekerabatan yang tinggi mempengaruhi kehidupan masyarakat. Budaya dan agama menyatu menciptakan kebersamaan diantara warga, merupakan solidaritas yang dimunculkan masyarakat secara spontan dalam pelaksanaan tradisi. Rangkaian kegiatan dalam tradisi mengandung nilai pendidikan Islam seperti: Ketaqwaan, Amaliyah, Sedekah, al-ukhuwah, Khuluqiyah, al-Masuuliyyah, al-Munfiqun, serta silaturahmi. Pengurus Masjid melakukan tugas dan tanggungjawabnya dengan keikhlasan, disebabkan mengurus Masjid adalah tugas mulia yang dilakukan turun temurun atau pewarisan. Masyarakat mempertahankan tradisi yang memiliki makna (keyakinan, pengetahuan serta kebiasaan), sebagai cara mengatur, menerima, berbagai tradisi yang dianggap baik serta mendasari pemahaman bersama dan mengembangkan interaksi dan tindakan lebih lanjut.

Keywords


values; education; Islam; tradition; Damar; nilai-nilai; pendidikan; Islam; tradisi

Full Text:

PDF

References


Azizurrahman, A., & Santosa, S. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Janengan Serta Relevansinya Dengan Karakter Nabi Muhammad. Intelektual; Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman. 12(1).48-61. DOI: https://doi/10.33367/ji.v12i1.2377

Baharun, Hasan. Et.al. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Ngejot: Konsep Edukasi Dalam Membangun Keharmonisan dan Kerukunan Antar Umat Beragama Berbasis Kearifan Lokal. FENOMENA Jurnal Penelitian. 10(1). 1-26. DOI: http://doi.org/10.21093/fj.v10i1.1006

Bugis, Andi., et. al. (2020). The Rise Of Children Dropping Out Of School In Raja Ampat. Al-Ishlah:Jurnal Pendidikan, 12 (2). 270-287 DOI: 10.35445/alishlah.v12.i2.225

Denzin, K. Norman & Lincoln, S.Yvonna.(2009). HandBook Of Qualitative Research. Yogyakarta; Pustaka Pelajar

Giddens, Anthony.(2010). Teori Strukturasi, Dasar-dasar Pembentukan Struktur Sosial Masyarakat. Yogyakarta; Pustaka Pelajar

Ghazali, Adeng, Muchtar.(2011). Antropologi Agama. Bandung; Alfa Beta

Ismaya, Nada., et.al. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Kendurei Dulang Pat. Andragogi; Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(3). 80-98. DOI: https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i3.103

Krismoniansyah, Roby., et.al.(2020). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Suroan: Studi di Desa IV Suku Menanti, Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong. At-Ta’dib; Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 12(1), 1-14. DOI: https://doui.org/10.47498/tadib.v12i01.335

Majid, Abdul., & Andayani, Dian. (2017). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Re,aja Rosda Karya

Nawiruddin & Malla. (2013). Pembinaan Ummat Berbasis Multikultural. Jakarta; Sejahtera Kita

Raucek, S. Joseph & Warren L. Roland. (1984). Pengantar Sosiologi. Jakarta; Bina Aksara

Ritzer, George & Goodman, J. Douglas. (2011). Teori Sosiologi Modern. Jakarta; Kencana Prenada Media Group

Saerozi, S., & Abdurrohman, M. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Tradisi Ritual Walimah Tasmiyah. An Nur:Jurnal Studi Islam, 5(2). Retrieved from https://jurnalannur.ac.id/index.php/Annur/articel/view/33

Sairin, Sjafri., et.al. (2002). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Yogyakarta; Pustaka Pelajar

Scharf, R. Betty. (2004). Sosiologi Agama. Jakarta; Prenada Media

Sileuw, Marwan., et.al. (2022). Fenomena Penutupan Jalan Umum Untuk Acara Kedukaan Di Wilayah Kampung Kei Kota Jayapura. Potret Pemikiran. 26(1). 84-102. DOI: http://dx.doi.org/10.30984/pp.v26i1.1909

Sisweda, Anggun., et.al. (2020). Nilai-nilai Pendidikan Islam Pada Tradisi Sedekah Bumi: Studi di Dusun Melati, Desa Olak-Olak Kubu, Kubu Raya. JRTIE; Journal of Research and Thought on Islamic Education. 3(1), 110-123. DOI: https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1707

Smith, Huston. (2001). Agama-agama Manusia. Jakarta; Yayasan Obor Indonesia

Turner, S. Bryan. (2012). Teori Sosial Dari Klasik Sampai Postmodern. Yogyakarta; Pustaka Pelajar

Yusuf, Muhamad., et. al. (2021). Membangun Dunia Pendidikan Islam Di Tengah Keterbatasan (Potret Pondok Pesantren Di Kota Jayapura). Edukasi Islami: Jurnal pendidikan Islam , 10(1). 73-98. DOI: 10.30868//ei.v10i01.1035

Yusuf, Muhamad., & Sileuw, Marwan. (2020). JAJAO (Revitalisasi Kepemeimpinan Lokal Masyarakat Kampung Gamta Distrik Misool Barat Kepulauan raja Ampat). Jurnal El-Riyasah. 11(1). 29-53. DOI: 10.24014/jel.v11i1.8411




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um011v10i32022p164-178

Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Humaniora

Graduate School, Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License