Penggunaan Model Carousel Feedback untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Peta pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Madiun

Nanin Kusuma

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan penggunaan model carousel feedback dapat meningkatkan hasil belajar materi peta pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Madiun. Data yang diambil dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data tentang proses pembelajaran yaitu penerapan pembelajaran kooperatif model carousel feedback, hasil dari observasi/pengamatan untuk siswa, guru, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil akhirnya adalah perbandingan dari pre tes dan post tes yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian ditemukan bahwa siswa merasa senang dengan pembelajaran kooperatif model Carousel Feedback. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas dan sikap antusias mereka ketika menger-jakan soal-soal materi peta. Hasil belajar siswa yang di ukur melalui tes individu setiap awal dan akhir siklus telah menunjukkan bahwa siswa telah memahami materi dengan baik. Pemahaman siswa terhadap materi peta juga dapat dilihat dari pekembangan ketuntasan hasil belajar siswa setiap awal dan akhir tindakan mengalami kemajuan. Perolehan kenaikan ketuntasan hasil belajar pada pre tes dan post tes  pada siklus 1 adalah 4% dan naik 9% pada perolehan ketuntasan hasil belajar pada pre tes dan post tes siklus 2.

Kata kunci: model Carousel Feedback, hasil belajar, peta

Full Text:

Download


Copyright (c)




Jurnal Pendidikan Humaniora

Graduate School, Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License