Pengaruh Strategi Pembelajaran Simulasi Vs Bermain Peran dan Sikap Siswa terhadap Pengetahuan dan Kesiapsiagaan tentang Bencana Alam

Muhammad Zulfikar Syuaib

Abstract


Tujuan penelitian untuk mendapatkan temuan secara empirik tentang: 1) keefektifan bentuk pengajaran pada siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran simulasi dan bermain peran, terhadap hasil belajar pengetahuan dan kesiapsiagaan tentang bencana alam; 2) bentuk pengajaran antara siswa bersikap positif dan bersikap negatif terhadap bencana alam, dengan hasil belajar pengetahuan dan kesiapsiagaan tentang bencana alam; 3) interaksi antara sikap siswa dengan siswa yang belajar strategi pembelajaran simulasi dan bermain peran, terhadap hasil belajar pengetahuan dan kesiapsiagaan tentang bencana alam. Jenis penelitian ini adalah desain eksperimen kuasi versi faktorial 2 x 2 Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design dengan populasi penelitian siswa kelas V SD, untuk matapelajaran IPA, di Kota Bima, Provinsi NTB. Instrumen yang digunakan adalah instrumen sikap siswa terhadap bencana alam, instrumen pengetahuan tentang bencana alam, dan instrumen kesiapsiagaan tentang bencana alam. Instrumen tersebut telah diujicoba dan divalidasi. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferential. Hasil penelitian adalah terdapat perbedaan signifikan pengaruh sikap siswa berbeda terhadap hasil belajar pengetahuan tentang bencana alam, dengan siswa bersikap negatif lebih akomodatif daripada siswa bersikap positif. Ada perbedaan signifikan pengaruh strategi pembelajaran berbeda terhadap hasil belajar kesiapsiagaan tentang bencana alam, dengan siswa yang belajar dengan strategi bermain peran lebih akomodatif daripada pembelajaran simulasi.


Kata kunci: strategi pembelajaran simulasi, strategi pembelajaran bermain peran, sikap siswa terhadap bencana alam, pengetahuan mitigasi bencana alam dan kesiapsiagaan mitigasi bencana alam

Full Text:

Download


Copyright (c)




Jurnal Pendidikan Humaniora

Graduate School, Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License