Pengembangan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP

Hariadi Ahmad

Abstract


Individu sebagai makhluk sosial mempunyai dorongan untuk berintraksi, dalam interaksi sosial individu memerlukan keterampilan sosial yang baik. Self advocacy sebagai salah satu bagian keterampilan sosial sangat perlu diajarkan kepada siswa. Siswa merupakan individu yang sedang mengalami perubahan pisik, psikis, fase transisi, kebimbangan jati diri dan identitas diri. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan panduan pelatihan self advocacy siswa SMP, yang bertujuan meng-hasilkan panduan yang memenuhi akseptabilitas dan efektif meningkatkan self advocacy siswa SMP. Model pengembagan meggunakan model Borg & Gall (1983). Hasil uji ahli dan uji pengguna terhadap panduan telah memenuhi kriteria akseptabilitas, dari hasil pretest dan posttest siswa yang diukur dengan skala self advocacy menunjukkan peningkatan.


Kata kunci : pengembangan, panduan pelatihan, self advocacy

Full Text:

Download


Copyright (c)




Jurnal Pendidikan Humaniora

Graduate School, Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License