Pengaruh Strategi Pembelajaran Meringkas dan Format Presentasi terhadap Hasil Belajar Penalaran Argumentatif pada Matapelajaran Sejarah di SMA

Susanto Yunus Alfian

Abstract


Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran meringkas dan format presentasi terhadap hasil belajar penalaran argumentatif sejarah di SMA. Ran-cangan penelitian yang digunakan adalah rancangan faktorial yang terdiri dari pretest-perlakuan-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dari empat kelas pada empat SMA negeri di Kabu-paten Malang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar penalaran argumentatif seja-rah adalah test uraian yang terdiri dari 10 soal. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANCOVA 2X2. Dua variabel bebasnya adalah strategi pembelajaran meringkas yang terdiri dari graphic organizer dalam bentuk sebab akibat dan written summarizing dan  format presentasi yang terdiri dari format presentasi dengan sub topik dan  tanpa sub topik. Hasil penelitian ini memperlihatkan tiga kesimpulan utamanya dan disajikan sebagai berikut. (1) Ada perbedaan hasil belajar penalaran argumentatif seja-rah secara signifikan antara kelompok siswa yang diajar dengan  meringkas dengan graphic organizer dalam bentuk sebab akibat dan written summarizing pada matapelajaran sejarah. (2) Tidak ada per-bedaan hasil belajar penalaran  argumentatif sejarah antara kelompok siswa yang diberi format presenta-si dengan sub-topik dan tanpa sub-topik pada matapelajaran sejarah. (3) Ada pengaruh interaksi an-tara strategi pembelajaran meringkas dan format presentasi terhadap hasil belajar penalaran argumenta-tif sejarah pada matapelajaran sejarah.   

Kata kunci: strategi pembelajaran meringkas, format presentasi, graphic organizer sebab-akibat, written summarizing, dengan-subtopik, tanda-subtopik, penalaran argumentatif sejarah

Full Text:

Download


Copyright (c)




Jurnal Pendidikan Humaniora

Graduate School, Universitas Negeri Malang

Lisensi Creative Commons

JPH is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License